Capres Didorong Usung Program Tata Kelola Teknologi untuk Perlindungan Masyarakat

Jum'at, 15 September 2023 - 19:33 WIB
loading...
Capres Didorong Usung Program Tata Kelola Teknologi untuk Perlindungan Masyarakat
Pakar keamanan siber, Ahmad Faizun berharap capres 2024 mengusung program tata kelola teknologi untuk perlindungan masyarakat. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Calon presiden ( capres ) yang akan berkontestasi di Pilpres 2024 didorong mengedepankan teknologi sebagai bagian dari kampanye maupun program yang diusung. Salah satunya menyangkut tata kelola dan perlindungan data pribadi .

Pakar keamanan siber, Ahmad Faizun menekankan, meski sebagian ahli memprediksi teknologi akan membawa degradasi kualitas moral dan budaya, tapi bhal sebaliknya dapat terjadi bila digunakan dengan tata kelola cermat yang baik. Teknologi produktif dan kondusif akan memberi efek luar biasa bagi pembangunan budaya serta ekonomi Indonesia.

Teknologi juga menciptakan peluang bisnis, seperti menganalisis rekam medis untuk pengembangan kebijakan kesehatan masyarakat di masa depan, menganalisis kesehatan hewan dan iklim untuk mencegah penyakit menular yang membahayakan seluruh populasi di wilayah tertentu.

Faizun mengingatkan, masyarakat saat ini tak lepas dari penggunaan gadget. Karena itu, presiden di masa depan harus memastikan pengumpulan data dari media sosial tidak akan menyalahgunakan privasi individu dan mencegah perundungan online terjadi di Indonesia.

"Perlindungan dan pembatasan yang tepat untuk mengakses privasi harus ditentukan dan dipantau. Aturan apa pun yang kita tetapkan, kita harus memberikan tindakan dan sanksi. Model hadiah dan hukuman langsung dan efektif sekarang tersedia di banyak negara. Kita harus mulai mengadopsi teknologi seperti ini dan membawa budaya baik dari barat ke dalam budaya Indonesia kita," kata Faizun dalam keterangan tertulis, Jumat (15/9/2023).

Menurunya, generasi penerus sangat bergantung pada tersedianya gelombang digitalisasi untuk menyediakan lingkungan hidup terbaik. Tidak hanya mengeksploitasi lingkungan dan sumber daya alam kita, tetapi memungkinkan anak muda merangkul teknologi sejak mereka lahir.

"Pak Capres tolong tentukan peta jalan teknologi Anda dengan bijak dan hati-hati. Lima tahun adalah waktu yang cukup lama jika kita tidak tahu harus berbuat apa, tetapi terlalu singkat jika kita terlalu sibuk bekerja tanpa peta. Jika kita gagal untuk menjelaskan peta jalan teknologi kita sekarang, maka seolah-olah kita berencana untuk gagal dalam 5 tahun ke depan," ujarnya.

Lebih jauh Faizun mencontohkan bagaimana teknologi menjadi salah satu kampanye di Pilpres Amerika Serikat. Ketika itu Joe Biden sebagai calon presiden memiliki beberapa program yang mengatur dan mempromosikan teknologi seperti koneksi internet murah dengan jangkauan lebih luas ke semua warga negara.

Tak hanya itu, Joe Biden juga menyuarakan perlindungan bagi anak-anak dan warga negara dari pengumpulan data media sosial yang mengancam kebebasan individu dan penyalahgunaan perlindungan data.

Menyangkut teknologi, Indonesia diketahui memiliki fintech dan sistem pembayaran paling maju di Asia. Satu-satunya KTP yang memiliki data biometrik yang sudah terhubung dengan nomor jaminan sosial. Namun pelayanan berlandaskan teknologi itu akan terkendala jika kebijakan sektoral antara kementerian dan pemerintah daerah tidak menerapkan dan mengadopsi inovasi KTP tunggal tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1123 seconds (0.1#10.140)