Rampung Diperiksa KPK, Dahlan Iskan Sebut Eks Dirut Pertamina Karen Agustiawan Tersangka

Kamis, 14 September 2023 - 17:35 WIB
loading...
Rampung Diperiksa KPK, Dahlan Iskan Sebut Eks Dirut Pertamina Karen Agustiawan Tersangka
Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan memberikan keterangan kepada media usai diperiksa sebagai saksi oleh penyidik KPK, Kamis (14/9/2023) sore. FOTO/MPI/ARIE DWI SATRIO
A A A
JAKARTA - Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan telah rampung diperiksa oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai saksi kasus dugaan korupsi pengadaan Liquefied Natural Gas (LNG) di Pertamina. Dahlan menyebut mantan Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina Karen Agustiawan tersangka dalam kasus ini.

"(Pemeriksaan) Terkait Bu Karen," kata Dahlan Iskan kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Kamis (14/9/2023).

Wartawan yang hadir menegaskan apakah Karen telah berstatus tersangka dalam perkara tersebut.



"Bu Karen yang tersangka itu ya?" tanya awak media menegaskan.

"Iya," jawab Dahlan Iskan.

Saat pemeriksaan, Dahlan Iskan mengaku ditanya perihal pengadaan LNG. Namun, ia menyatakan tidak mengetahui hal yang dimaksud lantaran pengadaan tersebut tidak diurusnya secara langsung.

"Ditanya tahu enggak beli-beli LNG, saya bilang enggak tahu," katanya.

Dahlan Iskan menjalani pemeriksaan oleh penyidik KPK selama lebih dari enam jam. Ia pun menyatakan tidak mengingat persis jumlah pertanyaan yang penyidik sampaikan kepada dirinya.



"Aduh nggak hafal aku. Lama karena baca dulu dokumen-dokumen lama," ujarnya.

Untuk diketahui, KPK telah mengirimkan surat permohonan pencegahan ke luar negeri atas nama Karen Agustina ke Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Ditjen Imigrasi Kemenkumham telah menerima surat tersebut.

"Atas nama Karen A, ada masa cegahnya 08 Juni 2022 sampai 08 Desember 2022," kata Subkoordinator Humas Ditjen Imigrasi Kemenkumham, Achmad Nur Saleh saat dikonfirmasi MNC Portal Indonesia, Rabu, 13 Juli 2022.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1320 seconds (0.1#10.140)