Ignatius Dewanto, Sosok Pilot Tempur Legendaris yang Pernah Lumpuhkan CIA

Rabu, 13 September 2023 - 16:20 WIB
loading...
Ignatius Dewanto, Sosok Pilot Tempur Legendaris yang Pernah Lumpuhkan CIA
Ignatius Dewanto dikenal sebagai salah satu pilot pesawat tempur andalan Indonesia. Foto/Dok.
A A A
JAKARTA - Ignatius Dewanto dikenal sebagai salah satu pilot pesawat tempur andalan Indonesia. Namanya mencuat setelah menembak jatuh pesawat yang dikemudikan anggota CIA.

Kisah bermula pada 18 Mei 1958, kala itu operasi militer menghadapi Permesta sedang berlangsung. Kapten Udara Ignatius Dewanto diperintahkan untuk membatalkan serangannya ke Manado dan harus mengarahkan pesawat ke Ambon karena kota tersebut tengah diserang oleh pesawat B-26 Invader Aurev.

Setelah tiba di Ambon, Kapten Udara Ignatius melihat pesawat B-26 sedang menuju ke arah kapal konvoi ALRI. Tak pikir panjang, dia langsung mengejar dan melontarkan serbuan senjatanya.

Mulai dari melontarkan roket hingga menembakkan senapan mesin M2 12,7 mm pesawatnya dikerahkan untuk menjatuhkan pesawat tersebut. Serangan itu lantas dibantu oleh kapal konvoi ALRI yang menembakkan berbagai senjata ke udara.

Alhasil, B-26 yang diterbangkan seorang penerbang bayaran CIA bernama Allen Lawrence Pope beserta juru radio Harry Rantung (mantan AURI), terbakar dan tercebur ke laut.

Baca Juga: Deretan Pilot Tempur Legendaris, Salah Satunya Anggota TNI AU

Dari peristiwa tersebut Allen Lawrence Pope berhasil selamat dengan cara terjun menggunakan parasut sebelum pesawat hancur. Meski begitu, dirinya tak dapat lolos dari penangkapan.

Tertangkapnya Allen Lawrence Pope ini menunjukkan keikutsertaan Amerika Serikat dalam pemberontakan yang dilakukan Permesta. Hal tersebut juga yang membuat AS mundur dari Permesta sehingga organisasi pembelot itu semakin mudah untuk disergap.

Profil Ignatius Dewanto


Ignatius Dewanto lahir pada 9 Agustus 1929 di Kalasan, Yogyakarta, dari pasangan M. Marjahardjana dan Theresia Sutijem. Awal karier militernya dimulai ketika bergabung dengan Tentara Pelajar.

Ketika masih di TP, Ignatius sempat menjabat sebagai kepala pabrik granat. Hingga pada akhirnya dia tergabung ke dalam kesatuan Slamet Riyadi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1193 seconds (0.1#10.140)