Bawaslu Ingatkan Peserta Pemilu Tak Selipkan Ajakan Memilih saat Sosialisasi

Rabu, 13 September 2023 - 10:56 WIB
loading...
Bawaslu Ingatkan Peserta Pemilu Tak Selipkan Ajakan Memilih saat Sosialisasi
Ketua Bawaslu Rahmat Bagja mengingatkan para peserta Pemilu 2024 menahan diri tidak menyeliapkan ajaka dalam sosialisasi melalui frekuensi publik dan alat peraga kampanye. FOTO/MPI/IRFAN MAULANA
A A A
JAKARTA - Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum ( Bawaslu ) Rahmat Bagja mengingatkan para peserta Pemilu 2024 menahan diri dalam melakukan sosialisasi melalui frekuensi publik dan alat peraga kampanye. Mereka tidak boleh menyelipkan ajakan untuk memilih dalam sosialisasi.

"Kami minta yang akan menjadi bakal calon presiden dan wakil presiden agar menahan diri untuk tidak melakukan sosialisasi melalui frekuensi publik, salah satunya melalui media elektronik," kata Rahmat Bagja, Rabu (13/9/2023).

Ia menegaskan, saat ini belum ada tokoh yang berstatus sebagai bakal calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres). Sebab, saat ini belum memasuki masa pendaftaran capres-cawapres.



"Yang bisa ditegaskan, saat ini belum ada bacapres (bakal calon presiden). Peserta pemilu baru parpol (partai politik), karenanya kami akan membuat surat imbauan kepada parpol untuk menahan diri karena masih tahap sosialisasi yang belum masuk kepada lingkup publik. Kecuali nanti ada perubahan Peraturan KPU (PKPU)," tuturnya.

Sesuai PKPU Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilu, tahap sosialisasi saat ini bersifat internal partai politik. Dalam pemasangan alat peraga sosialisasi, juga tidak melakukan ajakan yang secara spesifik.

"Kami meminta peserta pemilu maupun calon peserta pemilu yang memasang alat peraga untuk tidak mengajak. Salah satu contoh mengajak yang spesifik adalah mengajak mencoblos. Pemasangan alat peraga diharapkan juga tak melanggar peraturan daerah setempat. Kami memerintahkan Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota untuk melakukan inventarisir pemasangan alat peraga yang diduga melanggar ketentuan tersebut," katanya.

(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1769 seconds (0.1#10.140)