Atasi Perubahan Iklim, Perlunya Ciptakan Lingkungan Bersih dan Hijau

Selasa, 12 September 2023 - 22:10 WIB
loading...
Atasi Perubahan Iklim, Perlunya Ciptakan Lingkungan Bersih dan Hijau
Acara International & Indonesia Carbon Capture Storage (IICCS) Forum 2023. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Dalam merespons perubahan iklim, diperlukan informasi yang berbasis data. Sehingga penanganan bisa secara terukut dan sistematis. Hal ini terungkap dalamInternational & Indonesia Carbon Capture Storage (IICCS) Forum 2023 untuk pertukaran informasi demi mengatasi perubahan iklim global.

Acara tersebut dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan. Acara ini dilangsungkan pada tanggal 11-12 September 2023. IICCS Forum 2023 akan menyediakan forum, eksibisi, dan short course.

Forum ini juga merupakan salah satu side events dari KTT ASEAN dan didukung oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia.

"International & Indonesia Carbon Capture Storage (CCS) Forum 2023 akan meningkatkan kesadaran
masyarakat tentang peran penting CCS dalam mengatasi perubahan iklim serta menciptakan masa depan
yang lebih bersih, hijau, dan berkelanjutan," kata Belladona Troxylon Maulianda, selaku Direktur Eksekutif ICCS Center, dalam keterangannya, Selasa (12/9/2023).

"Tujuan IICCS Forum ini, bukan hanya sampai pada diskusi, tetapi juga diharapkan mampu mendorong terjadinya kerja sama dari berbagai sektor dalam menemukan solusi yang dibutuhkan dalam penerapan CCS di ASEAN region, khususnya di Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari sinergitas antara pemerintah, pelaku industri, serta masyarakat yang turut serta dalam forum ini," tambahnya.

Sementara Merry Marteighianti, selaku ketua panitia pelaksana IICCS Forum 2023 menjelaskan, sepanjang forum, para ahli akan membahas bagaimana penerapan CCS bukan lagi merupakan pilihan, melainkan keharusan.

Tidak hanya sampai pada diskusi, IICCS Forum 2023 juga akan menjadi wadah bagi perusahaan dan peneliti untuk menunjukkan perkembangan terbaru teknologi CCS. Melalui eksibisi yang diadakan, IICCS Forum akan menampilkan inovasi terkini dalam penangkapan dan penyimpanan karbon, proyek-proyek pionir yang telah berhasil, serta peluang investasi dalam sektor ini.

Ini adalah kesempatan langka bagi peserta untuk melihat secara langsung bagaimana CCS menjadi kunci untuk mencapai target perubahan iklim.

Jodi Mahardi selaku Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Republik Indonesia,
memaparkan, pemerintah senantiasa memberikan dukungan bagi pengembangan CCS dalam mencapai masa depan yang lebih bersih dan mendukung pertumbuhan yang berkelanjutan.

Indonesia yang terdiri dari 17.000 kepulauan, memerlukan investasi yang besar untuk meningkatkan industri CCS dalam negeri. Pencapaian ini harus dilakukan dengan langkah-langkah strategis, terukur dan berkelanjutan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1977 seconds (0.1#10.140)