Brevet Koleksi Endriartono Sutarto, Mantan Panglima TNI ke-14

Selasa, 12 September 2023 - 13:32 WIB
loading...
A A A
Brevet Para Utama adalah brevet yang diberikan oleh Kopassus kepada prajurit yang memiliki kemampuan di bidang keparaan. Brevet ini merupakan bentuk penghargaan dan kerja sama antara Kopassus dan satuan lain yang terlibat dalam operasi udara.

3. Brevet Kualifikasi Intai Amfibi (Taifib) Korps Marinir


Selanjutnya ada Brevet Kualifikasi Intai Amfibi (Taifib) Korps Marinir. Brevet ini diberikan kepada prajurit yang telah melewati pendidikan dan latihan di Batalyon Intai Amfibi, salah satu unit elite Korps Marinir TNI AL.

Pendidikan dan latihan ini meliputi berbagai keterampilan seperti komando hutan, para dasar, pandu para, free fall, mobile udara, menembak tepat, selam tempur, dan renang selat. Brevet ini berbentuk kain hitam dengan gambar hiu dan tulisan “intai amfibi” di atasnya.

4. Brevet Denjaka

Brevet Denjaka merupakan brevet yang diberikan kepada prajurit yang telah mengikuti dan lulus pendidikan dan latihan di Detasemen Jala Mengkara (Denjaka), pasukan khusus TNI AL yang bergerak di bidang anti teror dan anti sabotase laut. Brevet ini berbentuk kain hitam dengan gambar hiu dan tulisan “denjaka” di atasnya.

Brevet ini menunjukkan keahlian, profesionalisme, dan keberanian prajurit dalam menjalankan operasi klandestin laut. Brevet Denjaka, umumnya dimiliki oleh perwira tinggi militer, termasuk Mantan Panglima Endriartono.

5. Wing Penerbang TNI AU


Wing Penerbang TNI AU adalah brevet atau tanda pengenal yang diberikan kepada prajurit yang telah mengikuti dan lulus pendidikan dan latihan di Sekolah Penerbang TNI AU (Sekbang AU). Brevet ini berbentuk kain berwarna biru dengan gambar sayap dan bintang di atasnya.

Brevet Wing Penerbang TNI AU menunjukkan keahlian, profesionalisme, dan keberanian prajurit dalam menjalankan operasi udara. Brevet ini juga diberikan sebagai wing kehormatan kepada pihak-pihak yang dipandang berhak, seperti jenderal TNI dari matra lain atau pejabat sipil.

6. Master Parachutist Badge (US Army)


Master Parachutist Badge (US Army) adalah lencana yang diberikan kepada jumpmaster yang telah membuktikan diri sebagai prajurit udara yang berpengalaman melalui keterampilan dan kepemimpinan yang luar biasa.

Lencana ini memiliki bentuk yang sama dengan Basic dan Senior Parachutist Badge, kecuali bahwa ada karangan bunga yang mengelilingi bintang lima sudut di atas kanopi.

7. Pathfinder Badge (US Army)


Pathfinder Badge (US Army) juga termasuk brevet yang dimiliki Jenderal Endriartono. Lencana ini berbentuk perisai dengan sayap dan pedang di atasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1282 seconds (0.1#10.140)