Brevet Koleksi Endriartono Sutarto, Mantan Panglima TNI ke-14

Selasa, 12 September 2023 - 13:32 WIB
loading...
Brevet Koleksi Endriartono Sutarto, Mantan Panglima TNI ke-14
Endriartono Sutarto merupakan salah satu Jenderal TNI (Purn) yang memiliki karier moncer di Indonesia. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Endriartono Sutarto merupakan salah satu Jenderal TNI (Purn) yang memiliki karier moncer di Indonesia. Dia berhasil menduduki puncak kariernya di militer dengan menjadi Panglima TNI sejak 2002 hingga 2006.

Dalam riwayatnya, Endriartono menempuh pendidikan militer di Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri) tahun 1971. Kemudian melanjutkan berbagai kursus dan sekolah militer lainnya, seperti Sussarcab Infanteri, Suslapa I Infanteri, Seskoad, Sesko ABRI, dan Lemhanas.

Jenderal asal Purworejo ini pernah mengikuti pendidikan spesialisasi seperti Susjurpa Jasmil, Sus Bahasa Inggris, Air Borne, Ranger, Path Finder, Combat Instructor Course, dan Kursus Komandan Batalyon Infanteri. Selain itu, dia juga berhasil menyelesaikan pendidikan sarjana hukum di Sekolah Tinggi Hukum Militer (STHM) Jakarta.



Dengan berbagai latar pendidikan yang dimilikinya itu, tak heran jika Endriartono kerap menduduki jabatan penting di militer. Bahkan, dengan kedudukannya sebagai perwira tinggi, dia mampu menyabet banyak brevet penghargaan.

Berikut ini adalah enam brevet yang disematkan pada seragam militer Endriartono Sutarto.

Brevet Koleksi Endriartono Sutarto


1. Brevet Kualifikasi Komando Kopassus


Brevet Kualifikasi Komando Kopassus merupakan salah satu brevet yang menempel pada seragam militer Endriartono. Brevet ini berbentuk kain hijau dengan tulisan “komando” yang dipasang pada bahu kanan dan kiri di atas badge korps.

Brevet yang satu ini juga menunjukkan kemampuan, kehormatan, pengabdian, dan tanggung jawab prajurit dalam menjalankan operasi khusus. Brevet Kualifikasi Komando Kopassus juga merupakan salah satu syarat untuk mengikuti pendidikan brevet lainnya seperti brevet anti teror dan brevet para utama.

2. Brevet Para Utama


Brevet ini juga termasuk brevet yang dimiliki oleh Endriartono Sutarto, mantan Panglima TNI. Brevet ini berbentuk sayap dengan tulisan “para utama” di atasnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1122 seconds (0.1#10.140)