Moderasi Beragama Penyelamat Generasi Muda Hadapi Polarisasi

Senin, 11 September 2023 - 16:57 WIB
loading...
Moderasi Beragama Penyelamat Generasi Muda Hadapi Polarisasi
Co-founder Peace Generation, Irfan Amalee. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Narasi yang membawa pengaruh ideologi transnasional seringkali diembuskan para kelompok intoleran dan radikal di ruang publik. Sebagai penanggulangannya, kelompok agamis yang moderat harus memberikan kontra narasi yang menyasar semua kalangan, khususnya generasi muda .

Co-founder Peace Generation, Irfan Amalee melihat bahwa partisipasi anak muda harus lebih sering frekuensinya. Sebab, algoritma yang bekerja di pencarian dalam internet akan selalu memprioritaskan sesuatu yang banyak dan sering diterbitkan.

"Jumlah konten kontra narasi itu harus jauh lebih banyak. Ibarat air dalam suatu wadah, jika ia dimasukkan setitik zat pewarna, maka untuk membersihkannya perlu air jernih yang lebih banyak, sehingga air dalam wadah tersebut bisa lebih jernih," kata Irfan di Jakarta, Senin (11/9/2023).



Generasi muda Indonesia seringkali dihadapkan pada perdebatan yang tidak produktif di dunia maya. Contohnya benar atau salah, halal atau haram, Pancasila atau khilafah, dan lain sebagainya. Seolah tidak pernah menyerah, kaum intoleran dan radikal terus menggambarkan Pancasila sebagai suatu kemunduran dan khilafah adalah solusinya.

"Sebenarnya, narasi tentang khilafah itu adalah sebuah narasi internasional ya. Yang mereka (kaum radikal dan intoleran) address sebetulnya hampir semua sistem di dunia, hanya saja kalau di Indonesia, Pancasila lah yang digoyangnya," kata Irfan.

Menurutnya, pembenaran terhadap ideologi transnasional biasanya dilakukan dengan memunculkan narasi historis. Sebagai contoh, masa kekhalifahan Usmani seringkali diagung-agungkan sebagai contoh sistem khilafah yang bisa membawa rakyatnya pada kemakmuran. Nyatanya, jauh panggang dari api.

"Untuk melawan pengusung khilafah yang biasanya menonjolkan narasi historisnya, kita bisa membawa contoh kekhalifahan pada masanya Khulafaur Rasyidin. Apakah Khulafaur Rasyidin, yang dianggap sebagai kekhilafahan yang terbaik dan masih dibawah bimbingan Rasulullah dan para sahabat terdekat, itu menggunakan sistem khilafah yang sama dengan yang digaungkan oleh kelompok intoleran? Tentu saja berbeda," kata Irfan.

CEO dari Mizan Application Publisher ini menambahkan, jika menelisik narasi teologis, maka bisa minta ditunjukkan tentang ayat-ayat yang mengarahkan manusia menerapkan sistem khilafah. Padahal di dalam Al-Qur'an telah dijelaskan disebutkan, ‘wasyawirhu fil amri,’ yang berarti ‘musyawarahlah dalam perkaramu.’ Ini jelas sesuai dengan sistem demokrasi yang Indonesia jalankan.

Atau misalnya menggunakan narasi logis tentang nasionalisme, maka bisa merujuk pada ijtihad-ijtihad para ulama yang diwakilkan Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU). Dalam muktamar NU ke-34 dinyatakan bahwa Indonesia adalah negara yang sesuai dengan konsep Islam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1931 seconds (0.1#10.140)