Ganjar Pranowo Dinilai Memiliki Modal Sosial yang Kuat

Kamis, 07 September 2023 - 21:32 WIB
loading...
Ganjar Pranowo Dinilai Memiliki Modal Sosial yang Kuat
Ribuan warga berebut menyalami Ganjar Pranowo di halaman Kantor Gubernur Jateng, Kota Semarang pada Selasa (5/9/2023) sore. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Bakal calon presiden Ganjar Pranowo dinilai memiliki modal sosial yang kuat untuk mengikuti Pilpres 2024. Keberhasilan menurunkan angka kemiskinan di Provinsi Jawa Tengah menjadi salah satu faktornya.

Pada Selasa, 5 September 2023, Ganjar resmi purnatugas setelah 10 tahun menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah (Jateng). Ribuan orang bahkan ada yang dari luar Jateng hadir dalam acara konser bertajuk "Terima Kasih Jateng" di Kantor Gubernur Jateng, Semarang pada Selasa, 5 September 2023.

Ganjar pun tak kuasa menahan haru. Matanya berkaca-kaca karena respons masyarakat begitu luar biasa.





Juru Bicara Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Achmad Baidowi menilai momen tersebut menjadi bukti nyata betapa Ganjar dicintai masyarakat. Besarnya gelombang dukungan masyarakat tersebut, tak lepas dari keberhasilan Ganjar selama 10 tahun memimpin Jateng.

Ganjar Pranowo Dinilai Memiliki Modal Sosial yang Kuat


"Mas Ganjar sangat dicintai masyarakat Jawa Tengah dan sangat didukung. Mas Ganjar berprestasi dan berhasil menurunkan angka kemiskinan di Jawa Tengah. Ini merupakan modal sosial Mas Ganjar untuk mengarungi kontestasi Pilpres 2024," kata pria yang akrab disapa Awiek ini, Rabu (6/9/2023).

Sementara itu, politikus senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hendrawan Supratikno mengungkapkan bahwa masyarakat Jateng sangat dekat dengan Ganjar. Karena, sosok Ganjar yang memang bersahabat dan inklusif.

Ganjar terbuka dengan masyarakat dari semua kalangan. "GP (Ganjar Pranowo) mudah berinteraksi dengan segenap lapisan masyarakat. Dengan ulama dekat, mudah guyub dengan pemuda dan mahasiswa, akrab dengan wong cilik, berkomunikasi lancar," kata Hendrawan.

Ganjar mendapat dukungan besar untuk maju sebagai calon presiden pada Pilpres 2024. Ganjar didukung PDIP, PPP, Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Hanura. Peluangnya memenangkan pilpres mendatang sangat besar.

Elektabilitasnya terus naik di atas bakal capres lainnya. Hasil survei terbaru lembaga riset internasional Ipsos Public Affairs menyebutkan bahwa elektabilitas Ganjar mencapai 40,12%.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6307 seconds (0.1#10.140)