Gus Jazil: Idul Adha Momentum Memperkuat Keimanan dan Kebersamaan

Jum'at, 31 Juli 2020 - 17:46 WIB
loading...
Gus Jazil: Idul Adha Momentum Memperkuat Keimanan dan Kebersamaan
Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid menyerahkan hewan korban sapi di Masjid Baiturrahman, Ruteng, Manggarai, Flores, NTT, Jumat (31/7/2020). SINDOnews/Abdul Rochim
A A A
JAKARTA - Umat Islam di seluruh dunia hari ini merayakan Hari Raya Idul Adha 1441 H/2020 M. Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid mengatakan, Idul Adha menjadi momentum untuk memperkuat keimanan umat Islam sekaligus menumbuhkan rasa rela berkorban, kasih sayang, kerukunan, dan kebersaman.

"Di era pendemi ini, semangat itu penting, meskipun kami juga menyampaikan keprihatinan karena calon jamaah haji Indonesia tahun ini sementara tidak bisa berangkat ke Tanah Suci karena pandemi dan semoga diberikan kesabaran. Masih ada waktu dan kesempatan untuk tahun depan, para jamaah haji kita untuk berhaji di Mekkah Al Mukaromah," ujar Gus Jazil usai melaksanakan salat Idul Adha di Masjid Al Ghuroba Baiturrahman, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada, Kepulauan Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (31/7/2020). (Baca juga: Pesan Idul Adha 1441 H, AHY Serukan Solidaritas Bangsa Hadapi Pandemi)

Gus Jazil mengaku bersyukur tahun ini bisa melaksanakan Salat Idul Adha di NTT. Dirinya pun mengapresiasi tingginya sikap toleransi umat Islam yang menjadi minoritas di Bajawa, tetap bisa membangun kebersamaan sekaligus tetap dalam keimanan, utamanya di era pandemi ini. "Saya dapat melaksanakan Salat Id yang jauh dari keluarga, di daerah gunung yang dingin karena bagi kita umat Islam, perayaan Idul Adha ini salah satu tujuannya adalah meningkatkan keimanan dan kebersamaan, rela berkorban," tuturnya. (Baca juga: Idul Adha saat Pandemi COVID-19, Wapres Ma'ruf Amin Ajak Perkuat Iman dan Takwa)

Karena itu, dirinya mengajak umat Islam di NTT untuk selalu menjaga keimanan, sekaligus menjaga hubungan baik dengan seluruh agama. Masjid Al Ghuroba, Baiturrahman sendiri berdiri berdampingan dengan gereja. "Ini bagian dari tugas saya sebagai Wakil Ketua MPR untuk terus memperteguh pilar-pilar yang menyangga kebangsaan. Saya berharap umat Islam di Bajawa ini bisa tetap memberikan kontribusi untuk pembangunan sehingga kita terus bisa membangun taraf hidup kesejahteraan yang lebih baik," katanya.

Pada momentum Idul Adha tahun ini, Gus Jazil menyerahkan tiga hewan kurban berupa sapi di tiga masjid yang berbeda di NTT. Pertama di masjid tertua di Ende yang menjadi tempat kontemplasi Bung Karno, Masjid Ar Rabithah, Masjid Al Ghuroba Baiturrahman, Bajawa, dan Masjid Baiturrahman, Ruteng, Kabupaten Manggarai. "Saya bersyukur bisa datang ke Kabupaten Manggarai. Kami nanti bersama-sama akan mengampanyekan untuk bisa membantu pembangunan Masjid Raya Baiturrahman ini.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1540 seconds (0.1#10.140)