Presiden Jokowi Dijadwalkan Buka Munas dan Konbes NU

Senin, 04 September 2023 - 12:33 WIB
loading...
Presiden Jokowi Dijadwalkan Buka Munas dan Konbes NU
Ketum PBNU KH Yahya Cholil Staquf dalam konferensi pers tentang Munas Alim Ulama dan Konbes NU di Kantor PBNU, Jalan Kramat Raya Nomor 164, Jakarta Pusat, Sabtu (2/9/2023). FOTO/DOK.LTN PBNU
A A A
JAKARTA - Musyawarah Nasional ( Munas) Alim Ulama dan Konferensi Besar ( Konbes) Nahdlatul Ulama (NU ) 2023 akan dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pondok Pesantren Al Hamid, Jakarta Timur. Forum tertinggi setelah muktamar NU itu akan dihadiri oleh 600 ulama dari jajaran syuriyah dan tanfidziyah.

Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf mengatakan, Munas dan Konbes NU rencananya digelar pada 18-20 September 2023.

"Pembukaan acaranya akan dilaksanakan di Pondok Pesantren Al-Hamid di Cilangkap pada tanggal 18 September 2023. InsyaAllah mulai jam 9 pagi dan insyaAllah akan dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Ir H Joko Widodo," kata Gus Yahya, sapaan akrab, KH Yahya Cholil Staquf dalam konferensi pers di Kantor PBNU, Jalan Kramat Raya Nomor 164, Jakarta Pusat pada Sabtu (2/9/2023).



Gus Yahya menjelaskan, Munas Alim Ulama akan membicarakan persoalan agama, utamanya yang menyangkut kehidupan bangsa dan negara serta hajat masyarakat banyak.

"Sedang konferensi besar adalah forum dari para pengurus Nahdlatul Ulama di tingkat provinsi di seluruh Indonesia untuk membicarakan hal-hal yang terkait dengan organisasi NU itu sendiri," katanya.

Wakil Ketua Umum PBNU Amin Said Husni menambahkan Munas Alim Ulama dan Konbes NU diikuti oleh seluruh PWNU, ulama sepuh, dan para pengasuh pondok pesantren di lingkungan NU dengan total peserta diperkirakan mencapai 600 orang.

Setelah dibuka, agenda akan dilanjutkan dengan sidang-sidang pleno yang nantinya akan dibagi ke dalam sidang-sidang komisi.



Beberapa agenda yang akan dibahas di dalam musyawarah nasional, lanjut Kiai Amin Said, antara lain terkait dengan tema-tema kemasyarakatan yang dilihat dan ditinjau dari perspektif agama. Sementara konbes, jelas eks Bupati Bondowoso itu, akan membicarakan desain operasional jamiyah NU di dalam rangka memenangi masa depan bagaimana tata kelola jamiyah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1085 seconds (0.1#10.140)