Lemkapi Nilai Penunjukan Nana Sudjana dan Andap Budi Jadi Pj Gubernur Sudah Tepat

Sabtu, 02 September 2023 - 06:32 WIB
loading...
Lemkapi Nilai Penunjukan Nana Sudjana dan Andap Budi Jadi Pj Gubernur Sudah Tepat
Komjen Pol (Purn) Nana Sudjana ditunjuk menjadi Pj Gubernur Jawa Tengah dan Komjen Pol Andap Budhi dipercaya menjadi Pj Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra). FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Direktur Eksekutif Lemkapi Edi Hasibuan menilai Presiden Jokowi sudah tepat menunjuk sosok Penjabat ( Pj) Gubernur yang memiliki kapabilitas teruji. Termasuk dua perwira tinggi Polri, yakni Komjen Pol (Purn) yang kini menjabat Inspektur Utama Sekjen DPR Nana Sudjana, dan Komjen Pol Andap Budhi yang menjabat Sekjen Kemenkum HAM.

"Kami melihat, Presiden Jokowi menujuk sosok Pj Gubenur yang memiliki sosok yang integritasnya sudah teruji. Kemampuan mereka juga tidak perlu diragukan," kata Anggota Kompolnas periode 2012-2016 ini, Sabtu (2/9/2023).

Menurut pemerhati kepolisian ini, pengajuan Nana Sudjana dan Andap Budhi yang sudah beralih status dari anggota Polri ke sipil dengan kedudukan Eselon 1 itu sudah melalui berbagai pertimbangan Presiden Jokowi. Paling tidak kedua sosok yang bersangkutan sudah menguasai dan paham wilayah di mana yang bersangkutan ditunjuk sebagai Pj Gubernur.



"Kami melihat Pak Nana sudah pensiun dan dia lama sekali bertugas di wilayah Polda Jateng. Dan Pak Andap pernah menjadi Kapolda Sultra dan kini resmi jadi ASN Kemhum HAM. Jadi ya sangat pantas ditunjuk Pj Gubernur setempat," kata dosen Fakultas Hukum Universitas Bhayangkara Jakarta ini.

Menurut Edi Hasibuan, penunjukan sejumlah Pj Gubernur sudah melalui tahapan-tahapan yang diajukan Kemendagri, termasuk mengajukan sejumlah nama-nama untuk selanjutnya dipilih oleh Presiden Jokowi.

Untuk diketahui, Presiden Jokowi menunjuk Komjen (Purn) Nana Sudjana menjadi Pj Gubernur Jawa Tengah (Jateng) menggantikan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang segera purnatugas. Sementara Sekjen Kemenkumham Komjen Pol Andap Budhi Revianto ditunjuk menjadi Pj Gubernur Sulawesi Tenggara.

(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1448 seconds (0.1#10.140)