Kurangi Polusi Selama KTT ASEAN, Panglima TNI Siapkan Modifikasi Cuaca

Jum'at, 01 September 2023 - 11:49 WIB
loading...
Kurangi Polusi Selama KTT ASEAN, Panglima TNI Siapkan Modifikasi Cuaca
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo saat apel pengamanan KTT ke-43 ASEAN di Monas, Jakarta Pusat, Jumat (1/9/2023) pagi. Foto/Carlos Roy Fajarta
A A A
JAKARTA - Modifikasi cuaca disiapkan agar polusi di Jakarta berkurang selama pelaksanaan Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN pada 5-6 September 2023. Hal ini ditegaskan oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono .

Kata Panglima TNI, pihaknya bersama Polri dan stakeholder terkait berkoordinasi dengan BMKG untuk mengupayakan hujan buatan agar polusi di Jakarta berkurang.

"Ya kemarin dalam rapat saya juga sampaikan kepada BMKG jadi masih tetap diusahakan untuk bisa dilaksanakan TMC (teknologi modifikasi cuaca) dengan mendatangkan hujan," kata Panglima TNI usai memimpin apel pasukan Pengamanan (Pam) KTT Ke-43 ASEAN SUMMIT Tahun 2023 di Monas, Jakarta Pusat, Jumat (1/9/2023) pagi didampingi Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.



Ia berharap pelaksanaan modifikasi cuaca tersebut dapat berbuah baik yakni hujan yang mengurangi tingkat polusi baik di Jakarta maupun kota-kota sekitarnya seperti Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

"Mudah-mudahan ini bisa berhasil, walaupun awannya katanya enggak sampai ke Jakarta, tapi mudah-mudahan dengan TMC ini bisa kita laksanakan," ucap Yudo.

Lebih lanjut ia menyebutkan, Polri dan pihak terkait lainnya juga telah berupaya melakukan penyiraman di beberapa ruas jalan ibu kota Jakarta untuk mengurangi polusi yang ada.

"Kemarin sudah juga kita juga laksanakan dengan penyemprotan di jalan-jalan yang dilakukan oleh damkar dan polri dan TNI dengan pemerintah lain, ya semuanya pasti juga akan berusaha untuk menurunkan tingkat polusi udara di Jakarta ini," jelas Panglima TNI.

Yudo menyebutkan, pelaksanaan work from home dan pembelajaran jarak jauh bagi pelajar juga dilakukan di sekitar obyek atau jalur pelaksanaan KTT ASEAN ke-43.

"Termasuk kegiatan work from home yang diterapkan sehingga semoga semuanya bisa mengurangi polusi di Jakarta," tutupnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1862 seconds (0.1#10.140)