Top! Survei Litbang Kompas: Pemilih Partai Perindo Solid Signifikan Dukung Ganjar

Kamis, 24 Agustus 2023 - 13:41 WIB
loading...
A A A
Partai Demokrat yang secara elektabilitas dibandingkan dengan Mei 2023 menurun 1% ternyata merupakan partai yang paling disukai. Sebanyak 54,8% responden yang mengetahui partai ini menyatakan suka terhadap parpol ini. Pengetahuan dan tingkat kesukaan pada parpol ini menggambarkan potensi elektabilitas yang bisa diraih di masa mendatang.

Papan Tengah
Di partai papan tengah, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memimpin perolehan suara dengan 6,3% setelah naik 2,5% dari Mei 2023. Dilihat dari pergerakan pemilihnya, PKS tampaknya meraih tambahan suara yang signifikan dari kelompok generasi Z (di bawah 26 tahun) dan generasi X (42-55 tahun).

Sementara dari segi asal pulau pemilih, PKS mampu menaikkan dua kali lipat pemilih dari Pulau Sumatera dan menaikkan signifikan pemilih dari Jawa. Soliditas PKS yang berbuah positif juga tampak dari sikap politik partai ini yang terlihat konsisten paling ”oposan” terhadap pemerintah.

Hanya 43,0 responden PKS yang mengaku puas dengan kinerja pemerintah dan hanya 52,3% yang yakin terhadap kinerja pemerintah. Tingkat kepuasan dan keyakinan pemilih PKS tersebut jauh lebih rendah daripada sembilan partai lain.

Kondisi berbeda dialami Nasdem yang kali ini turun tipis 0,4% jadi 5,9%. Nasdem dan PKS sama-sama memiliki sekitar 50% komposisi pemilih yang memilih Anies. Namun, masih ada lebih banyak pemilih Nasdem yang belum memutuskan capres pilihan ketimbang pemilih PKS.

Baik PKS maupun Nasdem terlihat mampu menghimpun atau mengumpulkan belasan persen pemilihnya untuk memilih Anies dari yang semula memilih Ganjar. Namun, kemampuan ini belum dapat memulangkan sekitar 13 persen pemilihnya yang memilih Prabowo hingga survei Agustus 2023.

Sementara itu, elektabilitas PAN dan Partai Perindo dalam survei kali ini meningkat tipis menjadi sama-sama 3,4%. Baik PAN maupun Partai Perindo sama-sama sudah berkoalisi dalam pencapresan pada kutub yang berbeda. Dari tiga survei SKN selama 2023, terekam masih banyak pemilih PAN yang justru memilih Ganjar ketimbang Prabowo meskipun dalam selisih yang tidak terlalu besar.

Sementara pemilih Partai Perindo dalam tiga survei terakhir terekam sudah semakin mengumpul ke pilihan Ganjar dengan proporsi signifikan ketimbang pilihan ke Prabowo ataupun Anies. Bahkan, dalam survei Kompas Agustus 2023, Partai Perindo semakin mampu menggalang soliditas ke Ganjar sehingga proporsi pemilih Anies turun ke jumlah yang minim.

Di papan tengah ini nasib kurang beruntung dialami Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang justru menurun 1,6% elektabilitasnya. Pemilih PPP dari tiga survei terakhir juga terekam lebih banyak memilih Anies ketimbang Ganjar sebagai capres.

Proporsi pilihan kepada Ganjar stagnan sekitar di 20% responden. Ini cukup menggambarkan indikasi belum sinkronnya antara elite dan mesin partai dalam proses koalisi pencapresan sehingga memengaruhi elektabilitas partai.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4206 seconds (0.1#10.140)