Dua Anak Haditono Soedigno Diperiksa KPK terkait Emirsyah Satar

Jum'at, 24 Februari 2017 - 11:12 WIB
Dua Anak Haditono Soedigno Diperiksa KPK terkait Emirsyah Satar
Dua Anak Haditono Soedigno Diperiksa KPK terkait Emirsyah Satar
A A A
JAKARTA - Dua anak mantan Direktur Teknik PT Garuda Indonesia Haditono Soedigno yaitu Rullianto Hadinoto dan Putri Anggraeni Hadinoto dijadwalkan akan menjalani pemeriksaan oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Mereka berdua (Rullianto dan Putri) diperiksa sebagai saksi untuk keterangan tersangka ESA (Emirsyah Satar)," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Jumat (24/2/2017).

Sebelumnya pada 16 Februari, penyidik KPK lebih dulu melakukan pemeriksaan pada mantan Direktur Teknik PT Garuda Indonesia Haditono Soedigno. Ia diduga mengetahui adanya praktik suap yang melibatkan mantan Dirut PT Garuda Indonesia, Emirsyah Satar.

Selain itu, pemeriksaan dilakukan karena Hadinoto diduga menerima uang suap itu berdasarkan dokumen hasil investigasi Serious Froud Office (Inggris) yang diterima penyidik KPK beberapa waktu lalu.

Untuk diketahui, dalam kasus ini penyidik KPK telah menetapkan dua orang tersangka yaitu Emirsyah Satar dan Soetikno Soedarjo. Emirsyah diduga telah menerima uang suap dari Rolls Royce melalui Soetikno Soedarjo selaku Beneficial Owner Cannaught Internasional Pte Ltd sebanyak 1,2 juta euro dan USD180 ribu atau setara Rp20 miliar yang tersebar di Singapura dan Indonesia.

Dalam praktiknya, uang suap tersebut untuk mempermudah perusahaan Rolls Royce memenangkan tander mesin pesawat airbush SAS sebanyak 50 buah.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4148 seconds (0.1#10.140)