Budiman Sudjatmiko Dukung Prabowo, Bagaimana Nasib Bukit Algoritma?

Selasa, 22 Agustus 2023 - 18:53 WIB
loading...
A A A
Bukit Algoritma juga diharapkan menjadi kawasan ekonomi. Pembangunan tersebut didanai oleh investor domestik dan internasional. Investor dari Timur Tengah, Eropa, dan Amerika Utara telah menunjukkan minat pada upaya ini. Pendanaan awal untuk prakarsa ini diharapkan datang semata-mata dari investor swasta, tanpa dukungan pemerintah.

Budiman Sudjatmiko memimpin inisiatif Bukit Algorithma. Kiniku Bintang Raya KSO yang merupakan merger dari PT Kiniku Nusa Kreasi dan PT Bintang Raya Loka Lestari sedang merintisnya. PT Amarta Karya (Persero) akan bertanggung jawab atas pembangunan tersebut.

Budiman Sudjatmiko menggagas proyek ini karena termotivasi kisah sukses dari Silicon Valley, sebuah wilayah di California, Amerika Serikat yang terkenal sebagai pusat industri teknologi, rumah bagi Apple, Google, Facebook, dan banyak tech giant lainnya.

"Kesuksesan Silicon Valley sebagian besar disebabkan oleh semangat kewirausahaan para pendirinya, ketersediaan pendanaan modal ventura, dan budaya yang menghargai inovasi dan pengambilan risiko," tulis Monica.

Namun kisah sukses ini datang dari awal yang sederhana. Silicon Valley awalnya adalah kawasan kebun buah, tapi kemudian bertransformasi secara dramatis hingga statusnya saat ini sebagai pusat teknologi dan inovasi global.

"Jika Sukabumi bisa mencapai kesuksesan seperti Silicon Valley, maka itu seperti mimpi yang menjadi kenyataan," katanya.

Salah satu pelajaran penting yang dapat dipetik dari kesuksesan Silicon Valley adalah pentingnya kolaborasi dan jaringan. Keberhasilan kawasan ini sebagian besar disebabkan oleh hubungan erat antara perusahaan, pengusaha, investor, dan institusi akademis. Silicon Valley memiliki budaya yang mendorong spirit kolaborasi dan berbagi ide, yang mengarah pada perkembangan teknologi dan bisnis baru.

Pelajaran lain yang dapat dipetik dari kesuksesan Silicon Valley adalah pentingnya pengambilan risiko dan kegagalan. Wilayah ini memiliki budaya yang menghargai eksperimen dan belajar dari kesalahan. Pengusaha-pengusaha di Silicon Valley tidak takut mengambil risiko dan mencoba hal baru, meski mungkin gagal. Pola pikir ini telah menyebabkan terciptanya banyak perusahaan dan teknologi yang sukses.

Terakhir, keberhasilan Silicon Valley menyoroti pentingnya berinvestasi dalam pendidikan dan penelitian. Kawasan ini merupakan rumah bagi beberapa universitas terkemuka dunia, seperti Stanford dan UC Berkeley, yang telah melahirkan banyak wirausaha dan inovator yang telah membentuk industri teknologi. Selain itu, banyak perusahaan di Silicon Valley yang banyak berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan agar tetap menjadi yang terdepan dalam inovasi.

Sejak groundbreaking pada Juni 2021, belum ada kemajuan pada proyek Bukit Algorithma di Cibadak dan Cikidang, Kabupaten Sukabumi. Kepala desa menyatakan, belum ada aktivitas di lokasi dan belum ada tim yang datang untuk merundingkan kelanjutan proyek tersebut dengan pemerintah setempat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1677 seconds (0.1#10.140)