Saat Jokowi Beri Kode Rambut Putih dan Gibran Pasang Stiker Ganjar

Minggu, 20 Agustus 2023 - 07:27 WIB
loading...
Saat Jokowi Beri Kode Rambut Putih dan Gibran Pasang Stiker Ganjar
Presiden Jokowi memberikan tebak-tebakan kepada peserta Muktamar XXIII Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) di Medan, Sumatera Utara, Sabtu (19/8/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dukungan Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) kepada Ganjar Pranowo dinilai terus menguat. Hal itu dapat terlihat dari kode-kode yang dikeluarkan Jokowi.

Terbaru, orang nomor satu di Indonesia itu memberikan tebak-tebakan kepada peserta Muktamar XXIII Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) di Medan, Sumatera Utara, Sabtu (19/8/2023). Dalam tebakannya, Jokowi menyinggung soal rambut putih yang selama ini identik dengan Ganjar Pranowo.

"Rambut putih namanya uban, rambut merah namanya pirang, kalau rambut hijau namanya apa?" tanya Jokowi kepada para peserta.

Seorang pelajar Aryo Prasetyo pun dipersilakan untuk menjawab tebakan tersebut. Dia menjawab dengan kalimat: rambutan belum matang. Jokowi lantas membenarkan dan menghadiahkan Aryo sebuah sepeda.

Menariknya, di waktu bersamaan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka , anak sulung Jokowi menempelkan stiker Ganjar Pranowo di pintu rumah warga Kelurahan Serengan, Kecamatan Joyosuran, Pasar Kliwon, Kota Surakarta. Kegiatan itu dilakukan saat politikus PDIP itu blusukan ke daerah tersebut.

Gibran menempelkan dua buah stiker di pintu rumah warga. Pada salah satu stiker, terdapat gambar Ganjar dan Presiden Jokowi dengan tulisan "Gerak Cepat Indonesia Maju."

Dalam video yang beredar, Gibran juga mengajak warga untuk mendukung Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024.
"Eh besok (Pilpres 2024) anu ya, bu, (pilih) Pak Ganjar ya," ujar Gibran dalam video itu.

Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad menilai kedua momen itu wajar terjadi. Menurutnya, Jokowi memang hanya menjatuhkan dukungan kepada Ganjar secara terang-terangan.

"Memang selama ini Jokowi belum pernah menunjukkan dukungan selain pada Ganjar. Satu-satunya deklarasi calon presiden yang dihadiri Jokowi adalah deklarasi PDI Perjuangan mendukung Ganjar," kata Saidiman kepada wartawan, Sabtu (19/8/2023).

Dia menambahkan dukungan kepada Ganjar itu juga tidak pernah dikoreksi oleh Jokowi. "Oleh karena itu, kalau ada kode dari Jokowi atau sosialisasi yang dilakukan Gibran yang pasang stiker atau Kaesang pakai kaos bergambar Ganjar ya itu memang sangat wajar karena partai mereka mendukung Ganjar," lanjutnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1850 seconds (0.1#10.140)