PYCH Gelar Gebyar Kemerdekaan dari Papua untuk Indonesia

Sabtu, 19 Agustus 2023 - 08:02 WIB
loading...
A A A
Selain perform dari anak Papua, turut serta hadir YouTuber sekaligus Influencer Thariq Halilintar membuat acara tersebut semakin meriah. Thariq berkolaborasi dengan M.A.C menyanyikan lagu "Cuma Saya", serta menyapa seluruh masyarakat yang hadir.

Tak hanya bernyanyi bersama, Thariq juga mengunjungi bazar UMKM Papua dan membeli beberapa pakaian maupun kuliner khas Papua. "Acaranya luar biasa. Anak muda Papua di sini berkumpul untuk menuangkan kreatifitasnya di berbagai sektor seni, keren banget," ujarnya.

Thariq mengaku terkesan atas potensi seniman yang tergabung dalam PYCH tersebut. Di sektor UMKM, kuliner dan hasil karya cinderamata maupun fashion, menurut Thariq, bisa bersaing dengan pasar global.

"Luar biasa, ini baju yang aku pakai aja keren banget asli buatan Papua. Kainnya bagus, modelnya bagus, bisa dipakai buat manggung. Potensi musisinya gak diragukan lagi. Untuk UMKM, makannya enak-enak semua, kopinya mantap," lanjutnya.

Selain PYCH Music Band, M.A.C, dan Thariq Halilintar, ada pun penampilan dari seniman asal Papua lainnya. Seperti Frans Sisir, Boi Soa Soa, Ijal Stand Up Comedy, Denny Pigay, Kariting Hitam Dance, Brian Fringkeuw dan Kkajhe. Acara diakhiri dengan lantunan musik Papua. Seluruh penonton berjoged bersama.

PYCH merupakan pusat pengembangan talenta muda Papua agar menjadi generasi unggul, kreatif, berjiwa pelopor, lincah mengadopsi cara-cara baru, dan cepat beradaptasi dengan perkembangan teknologi serta memiliki semangat kebangsaan yang tinggi. Program binaan Badan Intelijen Negara (BIN) tersebut berhasil merangkul talenta muda Papua untuk menjadi pelopor perubahan demi kemajuan dan kesejahteraan Bumi Cendrawasih sesuai instruksi Presiden Joko Widodo.

Berbagai program yang diselenggarkan BIN melalui PYCH berhasil menarik keterlibatan berbagai sektor yang tersebar di Papua dan Papua Barat. Misalnya di sektor pertanian, perikanan, pertenakan, industri kreatif, pendidikan dan kesehatan, UMKM dan lokapasar (e-commerce), sosial budaya hingga pelestarian suku bahasa di Papua.
(poe)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1712 seconds (0.1#10.140)