PYCH Gelar Gebyar Kemerdekaan dari Papua untuk Indonesia

Sabtu, 19 Agustus 2023 - 08:02 WIB
loading...
PYCH Gelar Gebyar Kemerdekaan dari Papua untuk Indonesia
PYCH menggelar Gebyar Kemerdekaan dari Papua untuk Indonesia di Lapangan Banteng, Jakarta, Jumat (18/8/2023) malam. Kegiatan ini dalam rangka menyambut HUT ke-78 RI. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Papua Youth Creative Hub (PYCH) menggelar Gebyar Kemerdekaan dari Papua untuk Indonesia di Lapangan Banteng, Jakarta, Jumat (18/8/2023) malam. Kegiatan dalam rangka menyambut HUT ke-78 RI ini dihadiri tak kurang dari 1.000 masyarakat.

Dalam kegiatan ini, PYCH mengundang para seniman Papua yang berada di Jakarta untuk meramaikan acara. Terdapat pertunjukan musik, tari bahkan stand up comedy dari anak muda Papua . Selain itu, ada bazar UMKM Papua yang khusus menjual kuliner mau pun cinderamata khas Papua.

Kegiatan ini merupakan yang pertama digelar PYCH di luar Papua dan mendapatkan respons positif dari segenap masyarakat Bumi Cenderawasih yang ada di Ibu Kota. "Di sini kami melihat bersama bagaimana kemerdekaan menjadi bagian penting dari anak-anak Papua," kata personel PYCH Music Band sekaligus Pendamping Tim Music Anak Coment (M.A.C) Julio Faot, Jumat (18/8/2023).

Julio mengungkapkan alasan di balik terselenggaranya kegiatan PYCH di Jakarta. Hal ini karena bertepatan dengan M.A.C yang dipanggil untuk mengisi acara HUT ke-78 RI di Istana Merdeka, Kamis (17/8/2023).

"Kemarin karena ada M.A.C yang dipanggil ke Istana Negara dalam rangka 17 Agustus kami mengisi di sana hanya satu lagu. Sehingga, 18 Agustus kami inisiasi untuk kumpul merayakan kemerdekaan di Jakarta, jadi ini momentum yang pas," lanjutnya.

Julio senang dengan antusiasme masyarakat yang hadir. Terutama rekan-rekannya yang berasal dari Papua yang selama ini merantau ke Jakarta. Kegiatan ini bisa memotivasi semangat generasi muda Papua, sekaligus momen temu kangen dengan masyarakat Papua di perantauan.

"Semuanya di sini antusias. Sama-sama dengan kami berkolaborasi, bernyanyi, menari, stand up comedy, dan juga mengumpulkan buku sebagai donasi untuk teman-teman kami yang ada di Papua," terangnya.

Julio mendorong generasi muda Papua untuk terus berinovasi dalam berkarya. Dia juga berharap kegiatan serupa bisa digelar di wilayah lain untuk memperkenalkan potensi anak Papua. "Ke depannya kami bisa selenggarakan kegiatan seperti ini di Yogyakarta, Sumatera dan di mana pun tempat kami bisa berkumpul," tandasnya.

Perwakilan personel grup M.A.C Elmar Mac, Morde Sawaki, Dhimart Ohee merasa senang atas penampilan off air perdananya yang dilakukan di Jakarta. Mereka bersyukur bisa tampil dalam skala nasional sekaligus bertemu dengan masyarakat Papua di Jakarta.

"Senang karena bisa mewakili Papua. Kita bangga sebagai generasi muda Papua kita bisa mengharumkan Papua dan juga Indonesia," kata Morde Sawaki.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1107 seconds (0.1#10.140)