Jabar Dapat Alokasi 19.430 Rumah Tangga Penerima Bantuan Pasang Listrik Gratis Tahun 2023

Selasa, 15 Agustus 2023 - 14:32 WIB
loading...
Jabar Dapat Alokasi 19.430 Rumah Tangga Penerima Bantuan Pasang Listrik Gratis Tahun 2023
Provinsi Jawa Barat menjadi salah satu daerah penerima program BPBL dengan jumlah 14.307 rumah tangga sepanjang tahun 2022. (Foto: dok Kementerian ESDM)
A A A
JAWA BARAT - Pasokan energi listrik memiliki peran penting bagi peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. Dengan masih banyak warga yang kesulitan mendapatkan akses energi listrik secara legal, kehadiran pemerintah sangat diharapkan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), berkomitmen memberikan sambungan listrik gratis melalui program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL). Pada tahun 2022 lalu, Ditjen Ketenagalistrikan berhasil merealisasikan sebanyak 80.183 rumah tangga yang mendapatkan bantuan pemasangan listrik dari target yakni 80.000 rumah tangga. Provinsi Jawa Barat menjadi salah satu daerah penerima program BPBL dengan jumlah 14.307 rumah tangga sepanjang tahun 2022.

“Realisasi penerima BPBL di provinsi Jawa barat tahun 2022 sebanyak 14.307 sambungan rumah tangga. Untuk Kabupaten Cianjur, telah tersambung sebanyak 2.110 sambungan rumah tangga yang tersebar di 23 kecamatan,” ucap M.P. Dwi Nugroho selaku Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan dalam acara Peresmian dan Penyalaan Pertama Program BPBL di Desa Cihea, Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur pada Rabu (15/03/2023).

Dalam acara peresmian tersebut turut hadir Wakil Ketua Komisi VII, Eddy Soeparno. Ia juga mengatakan bahwa keberadaan listrik di satu rumah ibarat siang dan malam, apabila tidak ada listrik selalu malam, setelah adanya listrik jadi siang.

“Begitu rumah itu sudah ada aliran listriknya, maka berubah total, dari mulai semangat, psikologis, perekenomian juga akan berubah karena adanya siang yang terang tersebut,” ucap Eddy.

Salah seorang penerima manfaat program BPBL di Kabupaten Cianjur, Khoerudin (30) mengucapkan terima kasih atas bantuan yang ia terima. Ia juga mengaku setelah mendapatkan instalasi listrik sendiri, ia pun jadi lebih leluasa dalam mengatur penggunaan listriknya.

“Saya selama 3 tahun (menyambung listrik) pakai punya kakak saya. Sekarang sudah punya sendiri jadi lebih enak, lebih leluasa ngaturnya,” ucapnya.

Acara Peresmian dan Penyalaan Pertama lainnya juga terlaksana di Desa Cimanggu, Kecamatan Cingambul, Kabupaten Majalengka pada Senin (22/05/2023).

Pada kesempatan tersebut, Anggota Komisi VII DPR RI Nurhasan Zaidi mengapresiasi program BPBL ini. Ia menyampaikan bahwa untuk kemajuan suatu daerah harus membangun sumber daya manusia yang mumpuni.

“Sumber daya manusia yang baik perlu didukung dengan tersedianya akses listrik yang merata. Program BPBL ini luar biasa bermanfaat dalam proses menuju Majalengka yang maju, saya yakin itu,” ucap Nurhasan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2611 seconds (0.1#10.140)