Golkar dan PAN Merapat ke Prabowo, PPP: KIB Otomatis Bubar

Minggu, 13 Agustus 2023 - 18:29 WIB
loading...
Golkar dan PAN Merapat ke Prabowo, PPP: KIB Otomatis Bubar
KIB yang sudah dideklarasikan Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sejak 2022 silam otomatis bubar. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang sudah dideklarasikan Partai Golkar , Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sejak 2022 silam otomatis bubar. Hal ini ditegaskan oleh Ketua Majelis Pertimbangan DPP PPP, M Romahurmuziy.

Bubarnya KIB ini ditunjukkan dengan dukungan Partai Golkar dan PAN kepada Bakal Calon Presiden (Bacapres) Prabowo Subianto di Museum Naskah Proklamasi Jakarta, Minggu (13/8/2023).

"Dari awal saya sampaikan bahwa KIB auto bubar manakala partai-partai anggotanya semua sudah menyatakan dukungan resmi yang berbeda kepada Bacapres tertentu," ujar Romahurmuziy kepada awak media.

Ia menyebutkan, sikap dan pilihan politik Golkar dan PAN secara tidak langsung membuat KIB secara resmi bubar.

"Dengan adanya dukungan resmi PAN dan Partai Golkar ke Prabowo hari ini, otomatis hari ini pula lah 'peresmian' bubarnya KIB alias goodbye KIB," kata dia.



Ia mengaku, tidak terkejut dengan sikap PAN mendukung Prabowo Subianto. Pasalnya Erick Thohir digadang-gadang yang akan menjadi Bacawapres Prabowo.

"Kami tidak terkejut, karena dukungan PAN konsekuensi kemungkinan Erick Thohir akan digandeng Prabowo Subianto. Jadi sudah lama kita prediksi kalau PAN akan melabuhkan pilihan di mana Erick berlabuh," kata Romahurmuziy.

Sedangkan terkait keputusan Golkar, dia mengaku memang sayup-sayup sudah mendengar bahwa partai berlambang pohon beringin tersebut akan merapat ke Bacapres Prabowo.

"Karena memang secara chemistry mereka lebih dekat dengan Partai Gerinda mengingat Prabowo dulunya juga kader Golkar. Apa pun, Golkar didirikan almarhum Pak Soeharto yang juga pernah menjadi mertua Prabowo Subianto," pungkas Romahurmuziy.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1815 seconds (0.1#10.140)