Dewan Pers Ungkap Perubahan Cara Masyarakat Cari Informasi

Kamis, 26 Januari 2017 - 06:51 WIB
Dewan Pers Ungkap Perubahan Cara Masyarakat Cari Informasi
Dewan Pers Ungkap Perubahan Cara Masyarakat Cari Informasi
A A A
JAKARTA - Ketua Dewan Pers, Yosep Stanley Adi Prasetyo melihat saat ini ada pergeseran cara masyarakat dalam mencari informasi yang dibutuhkan.

Dia menilai ada kecenderungan masyarakat tidak lagi mengandalkan informasi dari media konvensional, tapi menjadikan media sosial (medsos) sebagai pijakan.

"Makanya di Dewan Pers, kita sedang bahas bagaimana mengembalikan kepercayaan publik (terhadap media konvensional)," ucap Stanley saat berbicara dalam diskusi bertajuk Strategi Menang Melawan Hoax dan Fitnah, di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Rabu 25 Januari 2017.

Stanley mengimbau kepada masyarakat untuk tetap mengandalkan informasi dari lembaga pers. Sebab, informasi yang disajikan lembaga pers telah melalui proses panjang, termasuk editing.

"Sementara medsos sifatnya hanya informasi, sedangkan kalau media sifatnya berita dan ada konfirmasi," ujarnya. (Baca juga: SBY: Ya Allah Negara Kok Jadi Begini)

Stanley mengingatkan media tidak mudah tergoda dengan informasi yang diungkap medsos. Menurut dia, media yang baik harus melakukan klarifikasi ketika memperoleh informasi.

"Namun hasil penelitian menyebut 85% jurnalis saat ini mendasarkan arah liputannya dari medsos. Ini tentu sangat mengkhawatirkan," ucap Stanley.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3596 seconds (0.1#10.140)