MA Tolak PK Moeldoko, Anies: Kebenaran Akhirnya Akan Menang

Jum'at, 11 Agustus 2023 - 01:09 WIB
loading...
MA Tolak PK Moeldoko, Anies: Kebenaran Akhirnya Akan Menang
Bacapres Anies Baswedan angkat bicara ihwal keputusan Mahkamah Agung menolak PK terkait sengketa kepengurusan Partai Demokrat yang diajukan oleh Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko. Foto/MPI/Felldy Utama
A A A
JAKARTA - Bakal Calon Presiden (Bacapres) Anies Baswedan angkat bicara ihwal keputusan Mahkamah Agung (MA) menolak Peninjauan Kembali (PK) terkait sengketa kepengurusan Partai Demokrat yang diajukan oleh Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko .

"Saya menyambut baik dan mengapresiasi bahwa MA menghargai, menghormati putusan-putusan yang sebelumnya," ungkap Anies di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Kamis (10/8/2023) malam.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berpandangan ada sebuah pesan yang bisa ditangkap atas keluarnya putusan MA terkait hal ini. Di mana, upaya apapun tak akan bisa mengalahkan kebenaran.

"Kebenaran pada akhirnya yang akan menang," ujarnya.


Untuk diketahui, PK yang diajukan Moeldoko terkait putusan kasasi MA dengan Nomor 487 K/TUN/2022 pada 29 September 2022. Dalam putusannya, MA menolak kasasi atas gugatan terhadap keputusan Menkumham yang menolak pendaftaran hasil KLB Demokrat Deli Serdang yang menunjuk Moeldoko sebagai Ketua Umum Partai Demokrat.

Berdasarkan Nomor Perkara 128 PK/TUN/2023 itu Moeldoko selaku pemohon. Sedangkan termohonnya Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Status: Perkara telah diputus, sedang dalam proses minutasi oleh Majelis," tulis dalam putusan.

Sidang putusan PK dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim H Yosran, dengan anggota Lulik Tri Cahyaningrum dan Cerah Bangun. Sedangkan panitera pengganti yakni Adi Irawan.

"Amar Putusan, TOLAK," tulis dalam putusan.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2540 seconds (0.1#10.140)