Khofifah Indar Parawansa Menghadap Jokowi di Istana, Ternyata Ini yang Dibahas

Kamis, 10 Agustus 2023 - 17:17 WIB
loading...
Khofifah Indar Parawansa Menghadap Jokowi di Istana, Ternyata Ini yang Dibahas
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyambangi Istana Kepresidenan untuk menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kamis (10/8/2023). Foto/Raka Dwi Novianto
A A A
JAKARTA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyambangi Istana Kepresidenan untuk menemui Presiden Joko Widodo ( Jokowi ), Kamis (10/8/2023). Sejumlah hal dibahas dalam pertemuan tersebut.

"Kami berterima kasih bahwa siang ini diberi kesempatan melaporkan berbagai progres pembangunan di Jawa timur kepada Pak Presiden karena periode ini Jawa Timur akan berakhir pada 31 Desember 2023. Maka berbagai program yang dulu sudah kami rancang di dalam RPJMD maka itulah yang kami laporkan," kata Khofifah di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (10/8/2023).

Khofifah mengungkapkan terdapat pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur mencapai 5,24 persen. Dirinya mengklaim pertumbuhan ekonomi tersebut di atas rata-rata nasional.



"Kami juga melaporkan inflasi di Jawa Timur month to month 0,15 persen, berarti di bawah rata-rata nasional. Kemiskinan ekstrem di Jawa Timur turunnya juga sangat ekstrem dari diluncurkan 2021 sampai dengan Maret 2023 sekitar 1,4 juta penurunan kemiskinan ekstrem di Jawa Timur," kata Khofifah.

Pada pendidikan, Khofifah mengungkapkan bahwa 4 tahun berturut-turut 2020 hingga 2023 tertinggi tingkat siswa diterima di perguruan tinggi negeri dengan atau tanpa tes di Jawa Timur.

"Kami menyampaikan bahwa ada hal yang kita berharap ada penyerahan lahan di Kementerian PUPR di Jawa Timur karena ini salah satu program yang menurut kami masih bisa dikejar paling tidak ground breaking untuk zona-zona tertentu kira dulu pernah merencanakan membangun Indonesia Islamic Science Park. Jadi IISP ini akan dibangun di area Suramadu, di kaki Madura," jelasnya.

Khofifah mengatakan, Jokowi menyambut baik progres pembangunan ekonomi di Jawa Timur. Bahkan Presiden, kata Khofifah, telah mengecek terlebih dahulu sebelum dirinya menyampaikan di Istana.

"Pak presiden menyampaikan bahwa ketika beliau melihat ada jadwal akan ada Gubernur Jawa Timur menghadap beliau maka beliau sudah melihat bagaimana pertumbuhan ekonomi, inflasi, dan seterusnya. Kata beliau sudah saya cek semuanya bagus. Jadi ini menurut saya adalah bagian dari kinerja semua elemen strategis di Jawa Timur," kata Khofifah.

Selain itu, Khofifah menegaskan bahwa dirinya tidak membahas mengenai Pilpres 2024 pada pertemuan tersebut. "Enggak, enggak," kata Khofifah.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3048 seconds (0.1#10.140)