Hadapi El Nino, Menko PMK Ingatkan Pesan Presiden: Tak Boleh Main-main

Rabu, 09 Agustus 2023 - 18:28 WIB
loading...
Hadapi El Nino, Menko PMK Ingatkan Pesan Presiden: Tak Boleh Main-main
Menko PMK Muhadjir Effendy usai rapat tingkat menteri di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Rabu (9/8/2023). Foto/Binti Mufarida
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengingatkan pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal ini terkait untuk tidak main-main menghadapi fenomena El Nino .

Diketahui, fenomena El Nino akan membawa dampak kekeringan. Bahkan, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi kekeringan akibat El Nino pada tahun ini akan lebih panjang dibandingkan tiga tahun sebelumnya.

Bahkan kata Muhadjir, Presiden Jokowi selalu berpesan kepada menteri-menterinya untuk betul-betul siap khususnya menjaga stok pangan, terutama beras.



"Sudah dilakukan kabinet Paripurna terbatas, masih akan ditindakalnjuti, sedang dalam pengkajian. Tetapi Insyallah pemerintah, Pak Presiden juga sudah bicara pada rapat Kabinet Paripurna kita harus betul-betul siap menghadapi El Nino dan kita tidak boleh main-main terutama ketersediaan stok beras," kata Muhadjir usai rapat tingkat menteri di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Rabu (9/8/2023).

Lebih lanjut Muhadjir mengungkapkan, dari data Badan Urusan Logistik (Bulog) sebanyak 1,3 juta ton harus dipersiapkan. "1,3 juta ton yang harus kita persiapkan dan karena itu, disamping kita mengharapkan panen raya dari daerah dan domestik yang bisa kita stok nanti mungkin ada kemungkinan kita juga impor," jelasnya.

Muhadjir pun menegaskan siap menghadapi El Nino yang berpotensi melanda Indonesia. "Kita siap, InsyaAllah siap. Tadi juga sudah dibahas. Berdoa aja sekarang tinggal mudah-mudahan kita tidak terdampak terlalu serius El Nino ini," tegasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1205 seconds (0.1#10.140)