Tangani ASN Milenial, Menteri PUPR Kirim Pejabat Senior untuk Pelatihan

Selasa, 08 Agustus 2023 - 14:09 WIB
loading...
Tangani ASN Milenial, Menteri PUPR Kirim Pejabat Senior untuk Pelatihan
Sejumlah pejabat Eselon 1 dan 2 Kementerian PUPR mengikuti program ToT ESQ 3.0 Coaching sertifikasi BNSP batch 2 di Menara 165, Jakarta, 3-6 Agustus 2023. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengirimkan pejabat senior untuk memperdalam ilmu coaching dari ESQ. Perintah ini datang dari Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Pelatihan tersebut dalam rangka menangani pegawai atau ASN milenialnya. Selama empat hari, puluhan pejabat Eselon 1 dan 2 Kementerian PUPR mengikuti program Training of Trainer (ToT) ESQ 3.0 Coaching sertifikasi BNSP batch 2 di Menara 165, Jakarta, 3-6 Agustus 2023.

Founder ESQ Ary Ginanjar Agustian berharap, Kementerian PUPR terus menginspirasi dengan beradaptasi dan melatih skill kepemimpinannya dalam membangun SDM milenial dan zelenial.

"Salut kami untuk Pak Menteri, Pak Bas yang mempu beradaptasi dengan sigap dalam membangun masa depan SDM PUPR. Pak Bas memang The Best," kata Ary dalam keterangannya, Selasa (8/8/2023).

Pada kesempatan itu, Ary menyampaikan, para peserta sedang beradaptasi terhadap generasi milenial dan zelenial yang membanjir di PUPR. Untuk itu pelatihan ini digelar agar bisa menggali potensi generasi muda di PUPR dengan metode coaching.

"Mereka berkumpul di Menara 165 guna menemukan solusi menghadapi generasi saat ini dengan ESQ 3.0 Coaching, yaitu teknik komunikasi canggih yang menggabungkan Coaching Intelektual (IQ), Emosional (EQ), dan Spiritual (SQ) agar bisa menciptakan engagement dan inovasi di kalangan generasi muda PUPR," ujar Ary Ginanjar.

Pada pelatihan ini hadir Kepala BPSDM PUPR Khalawi, Sekretaris BPSDM Subkhi, Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Manajemen Mohamad Adam, Para Pejabat Administrator, Koordinator, Pengawas, Subkoordinator, serta Pejabat Fungsional.

Para peserta dipandu langsung oleh master Coach yaitu Arief Rahman Saleh (trainer lisensi dari Ary Ginanjar Agustian) dari pagi hingga sore selama empat hari penuh.

Ary menjelaskan, metode coaching adalah sebuah teknik bertanya dan mendengarkan seseorang tanpa ada unsur menasehatinya. Tujuannya untuk menggali potensi diri, perencanaan strategi, bahkan perencanaan untuk menyelesaikan permasalahannya tanpa diberikan saran atau masukan dari orang lain.

Manfaat dari coaching ini telah dirasakan langsung oleh Kepala BPSDM PUPR, Khalawi saat menjadi peserta di batch pertama.

"Tahap pertama saya sudah ikut training coaching ini. Saya akui luar biasa. Pertama, minimal untuk menata diri dalam menghadapi orang terlebih staff. Apalagi staffnya generasi milenial. Generasi milenial itu kalau ngomong maunya didengarkan. Jadi kita tidak sekadar memerintah pekerjaan saja," ujar Khalawi.

Untuk itu ia menegaskan, program ESQ 3.0 Coaching ini sangat bagus khususnya untuk mendorong organisasi PUPR, generasi milenial untuk menyongsong Indonesia Emas.

"Saya kira program ini sangat tepat untuk menangani generasi milenial menuju Indonesia Emas 2045. Terima kasih Pak Ary Ginanjar dan tim ESQ," tutupnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1150 seconds (0.1#10.140)