Lurik Ganjar hingga Nasi Megono Khas Pekalongan Laris Manis di Kalsel

Jum'at, 28 Juli 2023 - 17:25 WIB
loading...
Lurik Ganjar hingga Nasi Megono Khas Pekalongan Laris Manis di Kalsel
Istimewa. (Foto: dok Pemprov Jateng)
A A A
BANJARMASIN - Ratusan produk UMKM unggulan Jawa Tengah mejeng di Atrium Duta Mall Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), Jumat (28/7/2023). Aneka produk fesyen, handycraft hingga olahan makanan itu, menarik perhatian masyarakat Kalsel dan laris manis di sana.

Produk UMKM Jateng itu sengaja dibawa Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ke Kalsel dalam rangka pameran Dekranasda Jateng Expo 2023. Selama tiga hari pameran, ratusan produk UMKM asal Jateng dipamerkan.

Ganjar hadir secara langsung untuk membuka pameran yang diikuti oleh 34 booth stand dari Jateng. Bersama Ketua Dekranasda Jateng yang juga istrinya, Siti Atikoh, Ganjar mengenalkan ratusan produk asli dari Jawa Tengah.

"Ada yang tahu ini, ini adalah Megono. Biasanya orang hanya bisa makan di warung-warung di Pekalongan. Tapi dengan pendampingan dan pelatihan yang terus kita berikan, sekarang sudah bisa dinikmati warga Kalsel," kata Ganjar menunjukkan produk UMKM Megono yang dikemas dalam wadah kaleng.

Lurik Ganjar hingga Nasi Megono Khas Pekalongan Laris Manis di Kalsel

Selain itu, Ganjar juga menunjukkan beragam produk unggulan lainnya. Misalnya keramik asal Boyolali, minyak wangi Atsiri asal Karanganyar, batik dari Pekalongan dan aneka produk lainnya.

"Ini lurik Ganjar, terkenal karena saya pakai. Sekarang laku keras. Ini keramik dari Boyolali yang keren, ada juga minyak wangi Atsiri. Semua produk yang kami bawa ini adalah produk unggulan kami dari Jateng yang sudah naik kelas," ucapnya.

Dekranasda Expo 2023 yang digelar di Kalsel ini lanjut Ganjar, merupakan salah satu bagian dalam pendampingan dan pengembangan UMKM Jawa Tengah agar naik kelas. Selain untuk ajang promosi dan berjualan, event ini juga digelar agar UMKM Jateng belajar ke daerah lain, termasuk Kalsel.

"Jadi kita bisa kolaborasi dengan produk UMKM Kalsel. Kita bisa saling belajar design, marketing dan lainnya agar UMKM kita semakin naik kelas bahkan sampai ekspor," tuturnya.

Di lain sisi, Ketua Dekranasda Jateng, Siti Atikoh mengatakan, Dekranasda Expo 2023 merupakan acara rutin yang digelar. Tak hanya di Jateng, Dekranasda Expo memang selalu digelar di sejumlah daerah di Indonesia. Seperti Kaltim, Palembang, Makassar dan daerah-daerah lainnya.

Selama perhelatan berlangsung, produk UMKM Jateng, lanjut dia, memang selalu laris di pasaran. Terbukti dengan nilai transaksi dari setiap event selalu meningkat.

"Penyelenggaraan 2018 kami mendapat Rp683 juta, 2019 total transaksi Rp800 juta dan di Makassar tahun 2022 total transaksi Rp1,2 miliar," ucapnya.

Salah satu warga Kalsel, Bertha mengaku senang dengan adanya Dekranasda Expo 2023 yang digelar Pemprov Jateng di Banjarmasin. Menurutnya, banyak produk UMKM Jateng yang menarik dan bisa menjadi koleksi.

"Produknya banyak yang menarik, kelasnya sudah eksport. Jadi saya senang dengan adanya pameran ini. Selain produk fesyen dan handycraft, juga ada produk olahan makanan. Senang saya bisa ketemu Megono, makanan yang pasti saya cari kalau ke Jawa," ucap Bertha.
(bga)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1402 seconds (0.1#10.140)