Wapres Ingatkan TNI-Polri Sigap Jaga Potensi Kerawanan Jelang Pemilu 2024

Selasa, 25 Juli 2023 - 16:50 WIB
loading...
Wapres Ingatkan TNI-Polri Sigap Jaga Potensi Kerawanan Jelang Pemilu 2024
Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin saat memberikan kuliah umum di Lemhannas, Jakarta, Selasa (25/7/2023). Foto/Binti Mufarida
A A A
JAKARTA - Jajaran TNI-Polri diingatkan sigap menjaga keamanan dan perdamaian dari berbagai ancaman dan kerawanan yang dapat memecah belah masyarakat jelang Pemilu dan Pilkada 2024. Hal ini ditegaskan oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin.

"Pemerintah Pusat dan Daerah, beserta TNI dan Polri menjadi elemen pendukung keberhasilan Pemilu/Pilkada serentak 2024," kata Wapres saat memberikan kuliah umum di Lemhannas, Jakarta, Selasa (25/7/2023).

"Oleh sebab itu, saya harap para pemimpin di pusat dan daerah, maupun TNI dan Polri terus sigap dalam menjaga sinergi, keamanan, dan perdamaian, termasuk mewaspadai ancaman di media sosial yang berpotensi memecah-belah masyarakat," tambahnya.



Lebih lanjut Wapres juga menyampaikan, empat pesan dalam arahannya. Pertama, situasi global yang terus berubah akan mempengaruhi situasi di dalam negeri.

Teknologi digital memicu disrupsi di banyak lini kehidupan, sekaligus menawarkan peluang untuk bertumbuh.

Wapres menilai, situasi ini menuntut para pemimpin untuk memiliki kemampuan berpikir kritis, cepat dan cermat, dalam menyikapi isu-isu global yang kian kompleks dan sulit diprediksi, kemudian merumuskan kebijakan yang mendatangkan maslahat, maupun solusi bagi aneka permasalahan nasional, regional, dan internasional.

"Di kawasan, Indonesia mencermati pengaruh rivalitas kekuatan dunia di Asia Pasifik. Melalui Keketuaan di ASEAN tahun 2023, Indonesia konsisten menyuarakan perdamaian, diplomasi preventif untuk mencegah konflik terbuka, serta upaya-upaya memperkuat kerja sama dan dialog," tuturnya.

Kedua, Wapres meminta agar para peserta yang hadir pada hari ini kelak dapat menjadi pemimpin yang inklusif, memiliki wawasan kebangsaan, serta kemampuan untuk menjaga harmoni dalam kemajemukan. Jadikan keberagaman sebagai kekuatan melalui penerapan moderasi.

"Oleh sebab itu, moderasi harus senantiasa dijunjung oleh para pemimpin. Narasi-narasi damai mesti selalu diutamakan, termasuk di media sosial," ucap Wapres.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1741 seconds (0.1#10.140)