Lantik Saiful Rahmat Dasuki sebagai Wamenag, Jokowi: Ada Permintaan dari Partai

Senin, 17 Juli 2023 - 12:08 WIB
loading...
Lantik Saiful Rahmat Dasuki sebagai Wamenag, Jokowi: Ada Permintaan dari Partai
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan keterangan pers seusai melantik Menkominfo dan sejumlah wakil menteri. Foto/Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap alasan dirinya melantik Saiful Rahmat Dasuki sebagai Wakil Menteri Agama (Wamenag) menggantikan Zainut Tauhid Sa'adi . Jokowi mengatakan, hal itu dikarenakan permintaan dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

"Oh, itu ada permintaan dari partai (PPP)," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (17/7/2023).

Saiful dilantik menjadi Wamenag menggantikan Zainut Tauhid Sa'adi yang merupakan rekan satu partai di PPP. Saiful menjabat sebagai Ketua DPW PPP DKI Jakarta.



Terpisah, Saiful mengatakan bahwa pelantikan dirinya sebagai Wamenag merupakan hak prerogatif Presiden Jokowi. "Ini kan sebenarnya prerogatif presiden, tapi kebetulan memang itu diminta oleh presiden, akhirnya ketua umum memberikan amanah kepada saya. Saya mengucapkan banyak terima kasih. Dan kebetulan ini tanggal 17, sesuai dengan nomor PPP nomor 17, mudah-mudahan ini menjadi berkah, tanda alam," jelas Saiful.

Terkait arahan khusus, Saiful diminta Jokowi untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi sesuai arahan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas .

"Ya tentunya memenuhi tupoksi yang sudah diberikan, membantu Pak Menteri, menyukseskan program-program unggulan Pak Menteri dalam waktu yang tinggal satu tahun setengah ini. Bagaimana mencapai tahun moderasi beragama, toleransi yang semakin tinggi, dan menjaga kemajemukan untuk Indonesia," kata Saiful.

Saiful mengaku belum berbicara banyak dengan Zainut seusai dilantik sebagai Wamenag. Dirinya mengaku bakal bertemu pada saat serah terima jabatan nanti. "Mungkin nanti Pak Sekjen yang mengatur, setelah ini ada serah terima (jabatan)," kata Saiful.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1236 seconds (0.1#10.140)