Gagasan Inovatif PAN Bikin UMKM Semakin Menggeliat

Minggu, 16 Juli 2023 - 20:53 WIB
loading...
Gagasan Inovatif PAN Bikin UMKM Semakin Menggeliat
PAN konsisten mendukung industri lokal dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terus berkembang dan berdaya saing. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) konsisten mendukung industri lokal dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terus berkembang dan berdaya saing. Salah satunya menghadirkan inovasi dan berkolaborasi dengan industri lokal dalam pagelaran festival musik Birukan Langit Indonesia Stage (BLIS).

“PAN mencoba konsisten untuk terus mendukung industri lokal agar semakin membanggakan nama Indonesia,” kata Calon Anggota Legislatif (Caleg) PAN DPR Dapil Lampung I Putri Zulkifli Hasan.

Melalui BLIS, PAN mencoba mengkolaborasikan ajang musik dengan menonjolkan produk-produk lokal dan UMKM. Adanya kolaborasi mampu menyedot perhatian dan minat anak muda terhadap industri lokal.



Selain itu, PAN juga mendorong pelaku UMKM agar mendigitalisasi produk usahanya. Pemanfaatan dunia digital menjadi keharusan bagi pelaku UMKM untuk adapatif dengan perkembangan zaman.

PAN melihat potensi yang besar jika UMKM masuk dunia digital. Berdasarkan riset Google yang menyebutkan nilai ekonomi lokapasar mencapai USD59 miliar pada 2022 setara 76,62% dari total nilai ekonomi digital Indonesia yang besarnya USD77 miliar.

Kemudian, upaya mendorong digitalisasi UMKM selaras dengan program Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan yang juga merupakan Ketua Umum PAN. Ditargetkan penerapan digitalisasi mencakup 1.000 pasar rakyat dan 1 juta UMKM.

“Di era perdagangan yang semakin kompetitif dan dengan dimudahkannya kita oleh penetrasi internet di Indonesia sudah seharusnya produk lokal menjadi pilihan dan kebanggaan masyarakat,” kata Putri.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1159 seconds (0.1#10.140)