Elektabilitas Ganjar Pranowo di Surabaya Tembus 56,3%

Sabtu, 15 Juli 2023 - 08:54 WIB
loading...
Elektabilitas Ganjar Pranowo di Surabaya Tembus 56,3%
Nama Ganjar Pranowo terus menunjukkan tren menanjak elektabilitasnya dan menjadi menjadi pemuncak favorit bakal capres 2024 pilihan warga Surabaya. Foto/MPI/Dok
A A A
SURABAYA - Nama Ganjar Pranowo terus menunjukkan tren menanjak elektabilitasnya dan menjadi menjadi pemuncak favorit bakal calon presiden (capres) 2024 pilihan warga Surabaya. Gubernur Jawa Tengah itu memimpin perolehan tingkat elektabilitas dengan angka 56,3%.

Peneliti Senior Surabaya Survey Center (SSC), Ikhsan Rosidi mengatakan, berdasarkan dari hasil riset yang telah mereka lakukan sebelumnya untuk Surabaya, Ganjar terlalu digdaya.

"Tren positif peningkatan angka elektabilitas Ganjar sulit dikejar oleh Prabowo Subianto maupun Anies Baswedan” kata Ikhsan, Kamis, 13 Juli 2023.

Menurut Ikhsan, hasil survei elektabilitas Ganjar disusul Prabowo dengan perolehan 22,1%, serta Anies Baswedan memperoleh 7,9%.


“Nama-nama lain yang muncul masih di bawah 5% yakni, Erick Thohir dengan 3,9%, Ridwan Kamil 2,3%, Agus Harimurti Yudhoyono 2,1%, Mahfud MD 1,5%. Serta Khofifah, Airlangga Hartarto, dan Sandiaga Uno ketiganya 0,8%", ujarnya.

Iksan menilai, pencapaian signifikan Ganjar ini tidak terlepas dari kerja politik panjang yang dilakukan selama ini, baik sebagai Gubernur Jawa Tengah maupun sebagai tokoh terkemuka di partai politik terbesar di Indonesia.

Sebagai Gubernur, Ganjar dinilai berhasil mengelola dan memimpin Jawa Tengah ditandai dengan berbagai penghargaan yang diterimanya sebagai kepala daerah. "Sedangkan sebagai tokoh politik Ganjar juga sukses membangun citra diri positif sejauh ini," tandas Ikhsan.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh SSC ini dilaksanakan dari tanggal 20-30 Juni 2023 di 31 kecamatan Kota Surabaya. Sebanyak 1.200 responden dipilih dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 2,83% dan tingkat kepercayaan sebesar 95%. Penentuan responden dalam setiap Kartu Keluarga (KK) dilakukan dengan bantuan kish grid.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1690 seconds (0.1#10.140)