Wapres Akan Kunjungi 3 Provinsi di Papua Selama Sepekan ke Depan, Ini Agendanya

Selasa, 11 Juli 2023 - 06:25 WIB
loading...
Wapres Akan Kunjungi 3 Provinsi di Papua Selama Sepekan ke Depan, Ini Agendanya
Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin akan mengunjungi tiga provinsi di Papua sepekan ke depan mulai 11 hingga 17 Juli 2023. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin akan mengunjungi tiga provinsi di Papua sepekan ke depan mulai 11 hingga 17 Juli 2023. Tiga provinsi yang akan dikunjungi Wapres yakni Papua Tengah, Papua Barat, dan Papua Barat Daya.

“Tanggal 11 Juli 2023, keberangkatan kunjungan kerja ke Provinsi Papua Tengah (Timika dan Nabire), Papua Barat (Fakfak, Teluk Bintuni, dan Manokwari), Papua Barat Daya (Sorong). (Dari) Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma (pukul) 10.00 WIB,” tulis agenda Wapres di laman resmi wapres.go.id, Selasa (11/7/2023).



Diketahui, Wapres selaku Ketua Badan Pengarah Percepatan Pembangunan Otonomi Khusus Papua (BP3OKP) mempunyai tanggung jawab penuh untuk masalah Papua.

Saat ini, sudah ada enam provinsi di Papua yakni Provinsi Papua Barat dengan Ibu Kota Manokwari, Provinsi Papua dengan Ibu Kota Jayapura, Provinsi Papua Selatan dengan Ibu Kota Merauke, Papua Tengah dengan Ibu Kota Nabire, Papua Pegunungan dengan Ibu Kota Jaya Wijaya, dan Papua Barat Daya dengan Ibu Kota Sorong.

“Wapres mempunyai tanggung jawab untuk masalah Papua. Sebagaimana kita ketahui bahwa Papua kan sudah dikembangkan menjadi 6 DOB, daerah baru ada 6 provinsi sekarang dan itu diharapkan bagaimana agar pengembangan Papua, terutama terkait dengan pemerataan pembangunan itu segera terealisasi,” ujar Juru Bicara Masduki Baidlowi dikutip dalam keterangannya.

Lebih lanjut, Wapres juga akan melakukan pertemuan dengan para tokoh-tokoh agama khususnya gereja untuk membangun dialog dalam rangka memperkuat pembangunan berkelanjutan dan kesejahteraan di Tanah Papua. Bahkan, Wapres juga berencana untuk ikut meresmikan pembangunan Papuan Christian Center.

“Ya yang sudah pasti kan ada banyak harapan dari masyarakat Papua terutama di temen-teman dari tokoh-tokoh gereja, itu misalnya mengharapkan ada pembangunan Papuan Christian Center misalnya, itu misalnya Wapres punya concern untuk datang ya apa namanya melakukan semacam mungkin ground breaking peletakan batu pertama dan seterusnya,” terangnya.



Wapres juga direncanakan akan melakukan peninjuangan pembangunan pusat-pusat pemerintahan di DOB Papua. “Itu salah satunya dan masih banyak hal lain yang kantor pusat pemerintahan di DOB itu,” tutup Masduki.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1913 seconds (0.1#10.140)