Prabowo Puji Orang Batak Rata-rata Jagoan: Ada TB Simatupang hingga Luhut Binsar Pandjaitan

Jum'at, 07 Juli 2023 - 15:12 WIB
loading...
Prabowo Puji Orang Batak Rata-rata Jagoan: Ada TB Simatupang hingga Luhut Binsar Pandjaitan
Menhan Prabowo Subianto menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia (PSBI) di Jakarta, Jumat (7/7/2023). FOTO/MPI/RIANA RIZKIA
A A A
JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia (PSBI) di Jakarta, Jumat (7/7/2023). Prabowo mengenang para pahlawan hingga koleganya saat masih aktif di TNI yang merupakan orang Batak .

Dalam sambutannya, Prabowo mengungkap fenomena orang Batak yang mayoritas pekerja keras. "Saya juga melihat suatu fenomena tentang orang Batak, orang Batak ini saya heran, kok juga di tentara begitu banyak orang Batak, rata-rata semua jagoan," kata Prabowo.

Ketua Umum Partai Gerindra itu kemudian menyebut pahlawan dan tokoh-tokoh TNI yang merupakan orang Batak.



"Saya lihat sejarah kita, ada TB Simatupang, ya kan, tokoh pada usia muda di Kepala Staf Perang, tangan kanan Sudirman, AH Nasution, banyak kali dan memang ciri khas orang Batak di tentara itu fisiknya kuat. Mahidin Simbolon jago tembak, jago fisik, orang-orang hebat semua. Feisal Tanjung, Luhut Binsar Pandjaitan," tutur Prabowo.

Tidak hanya itu, Prabowo juga menyebut sifat orang Batak selalu berbicara apa adanya dengan nada suara tinggi. Mereka juga memiliki etos kerja yang baik.

"Kalau orang (Jawa) itu halus, kalau ditawari makan minimal 3 kali, enggak, enggak, ketiga kali baru. Kalau orang Batak sekali ditawari langsung," kata Prabowo sambil berkelakar dan disambut gelak tawa peserta Rakernas.

Untuk itu, karena ada perbedaan suku, Prabowo berpesan agar masyarakat dapat selalu menjaga sikap toleransi dan kerukunan dengan tetap saling menghargai.



"Saudara harus bangga dengan silsilah latar belakang. Mereka yang tidak mengerti asal usul mereka kadang-kadang bingung dengan alam yang penuh dengan dinamika, persaingan. Jadi kita harus selalu hormat dan bangga dengan orang tua, sesepuh, adat, asal usul kita," ucapnya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1201 seconds (0.1#10.140)