Festival Danau Sentani 2023 Diikuti Ribuan Peserta, Sandiaga: Dorong Kebangkitan Ekonomi

Rabu, 05 Juli 2023 - 22:55 WIB
loading...
Festival Danau Sentani 2023 Diikuti Ribuan Peserta, Sandiaga: Dorong Kebangkitan Ekonomi
Perhelatan festival ini pun memukau Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno yang langsung menyaksikan kegiatan festival tersebut. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Festival Danau Sentani XIII 2023 digelar di tepian Danau Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (5/7/2023). Perhelatan festival ini pun memukau Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno yang langsung menyaksikan kegiatan festival tersebut.

Tak hanya terkesima dengan tarian dan hiasan perahu yang indah, Sandiaga mengaku takjub karena pesta rakyat itu diikuti oleh ribuan warga suku Sentani.

Momen tersebut katanya menggerakkan ekonomi masyarakat, menciptakan peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat.

"Hari ini Festival Danau Sentani 2023 begitu meriah. Kita lihat tadi kearifan masyarakat dengan budaya dan juga atraksi menghias perahu," ungkap Sandiaga.

"Begitu banyak masyarakat yang terdampak dan UMKM yang bergerak dari perhelatan event ini," sambungnya.

Festival Danau Sentani yang diinisiasi Pemerintah Kabupaten Jayapura ini merupakan festival pariwisata tahunan yang berlangsung di sekitar Danau Sentani, Khalkote, Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua.

Festival Danau Sentani yang berlangsung selama tiga hari mulai 5 hingga 7 Juli 2023, dibuka dengan Tari Isosolo yang dibawakan sekitar 250 penari dari 10 kampung yang terdiri atas dua Distrik Sentani Timur dan delapan Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura.

Berbeda dengan tarian daerah lainnya, Tari Isosolo dilakukan di atas perahu yang sudah dihias. Tarian ini biasanya dilaksanakan atas perintah, restu, atau petunjuk Ondoafi atau pemimpin adat asli Sentani.

Selain untuk menjalin tali persaudaraan antara kampung satu dengan kampung yang lain, tarian Isosolo juga sebagai bentuk rasa syukur ketika musim panen tiba. Membawa hasil kebun untuk diberikan kepada keluarga, kerabat yang ada di kampung.

"Mungkin tahun depan diberi kesempatan, dilombakan dan para wisatawan diajak juga naik di atas perahu dan ikut prosesi adat yang mungkin akan memberikan pengalaman dan kenangan yang mengesankan bagi para wisatawan," ungkap Sandiaga.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1149 seconds (0.1#10.140)