Upaya BNPT Evaluasi Penanggulangan Ekstremisme Mengarah Terorisme

Rabu, 05 Juli 2023 - 21:09 WIB
loading...
Upaya BNPT Evaluasi Penanggulangan Ekstremisme Mengarah Terorisme
Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) meluncurkan empat produk pengetahuan analisis lapangan dan kajian kebijakan. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme ( BNPT ) berupaya melakukan kajian tentang tren perkembangan serta evaluasi upaya pencegahan dan penanggulangan ekstremisme berbasis kekerasan yang mengarah pada terorisme di Tanah Air. Upaya BNPT itu dengan meluncurkan empat produk pengetahuan pada hari ini.

Kepala BNPT Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel mengatakan, produk pengetahuan yang diluncurkan merupakan upaya BNPT dalam mengetahui mengenai tren perkembangan dan juga sebagai evaluasi dari pencegahan dan penanggulangan ekstremisme berbasis kekerasan di Indonesia.

"Agenda peluncuran analisis hari ini merupakan upaya BNPT untuk melakukan kajian tentang tren perkembangan serta evaluasi upaya pencegahan dan penanggulangan ekstremisme berbasis kekerasan yang mengarah pada terorisme di Tanah Air," katanya di Jakarta, Rabu (5/7/2023).



Dia menjelaskan, keempat produk tersebut terdiri dari I-KHub BNPT CT/VE Outlook, K-Hub PVE Outlook, Mid-Term Evaluation RAN PE, dan Analisis Kesiapan Pemerintah Daerah untuk Melaksanakan RAN PE. Dia berharap keempat produk analisis dan kebijakan ini dapat bermanfaat bagi seluruh kementerian dan lembaga, masyarakat sipil dalam melaksanakan RAN PE.

"Kebermanfaatan untuk pemerintah dan masyarakat sipil tersebut sejalan dengan kunci keberhasilan dalam penanggulangan terorisme melalui semangat whole of government and whole of society approach, dengan melibatkan semua pemangku kepentingan; pemerintah, akademisi, media, pelaku usaha, dan masyarakat," tuturnya.

Dia juga berharap produk pengetahuan ini dapat didiskusikan dan mendapatkan feedback yang lebih luas dari masyarakat. "Tentunya, kami mengharapkan agar kajian analisis tersebut dapat didiskusikan dan mendapatkan feedback yang lebih luas dari berbagai kalangan," ujarnya.

Adapun acara peluncuran ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan memperingati Hari Ulang Tahun ke-13 BNPT yang puncaknya akan digelar pada 28 Juli 2023 dengan tema “BNPT Hadir Untuk Negeri, Indonesia Damai Menuju Indonesia Emas."
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1956 seconds (0.1#10.140)