Jabat Kepala BNPT, Rycko Amelza Tetap Usung Pendekatan Kemanusiaan dalam Penanggulangan Terorisme

Rabu, 05 April 2023 - 23:17 WIB
loading...
Jabat Kepala BNPT, Rycko Amelza Tetap Usung Pendekatan Kemanusiaan dalam Penanggulangan Terorisme
Kepala BNPT yang baru Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel (kanan) akan tetap mengusung pendekatan kemanusiaan dalam penanggulangan terorisme. Foto: Dok Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme ( BNPT ) yang baru Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel akan tetap mengusung pendekatan kemanusiaan dalam penanggulangan terorisme. Hal ini melanjutkan pendekatan yang dilakukan Kepala BNPT sebelumnya.

Rycko Amelza mengaku tugas penanggulangan terorisme merupakan tugas yang mulia. Baginya, pendekatan lunak melalui aspek kemanusiaan merupakan hal terpenting.


"Tugas penanggulangan terorisme ini sangat mulia. Mulia bukan hanya karena menjaga keutuhan NKRI tapi bagaimana membuat manusia menjaga kemanusiaan, manusia menghormati satu sama lain. Ini penting," ujar Rycko Amelza.

Rycko Amelza resmi bertugas di BNPT setelah menggelar acara serah terima jabatan dan pisah sambut dengan Komjen Pol Boy Rafli Amar, di Kantor Pusat BNPT, Rabu (5/4/2023).

Jabat Kepala BNPT, Rycko Amelza Tetap Usung Pendekatan Kemanusiaan dalam Penanggulangan Terorisme


Pendekatan kemanusiaan selama ini telah terimplementasi dalam upaya kontra radikalisasi yang dilakukan oleh BNPT. Melalui pendekatan ini BNPT berupaya melakukan penanaman nilai-nilai nasionalisme serta nilai-nilai non-kekerasan, dengan strategi pendekatan melalui pendidikan formal maupun non-formal.

Kontra radikalisasi yang diusung BNPT banyak menggandeng tokoh agama, tokoh pendidikan, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda dan stakeholder lain dalam memberikan nilai-nilai kebangsaan.

Komitmen pendekatan lunak dengan mengedepankan aspek kemanusiaan yang akan dilakukan Rycko Amelza diapresiasi Kepala BNPTperiode sebelumnya, Komjen Pol (Purn) Boy Rafli Amar.

"Kepemimpinan yang baru, BNPT pasti bisa mengakselerasi pencapaian tugas penanggulangan terorisme yang selama ini kita kerjakan," katanya.

Dia juga berharap agar sinergi dengan beragam unsur masyarakat dapat terus dilanjutkan. "Dengan sinergitas kita membangun bangsa, kita harus berusaha semaksimal mungkin melanjutkan ini. Kerja sama dengan masyarakat memberikan efek bahwa ketahanan bangsa. Kita memiliki daya imunitas yg bagus melawan virus radikal intoleran," tandasnya.

Rycko Amelza dilantik menjadi Kepala BNPT di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (3/4/2023). Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi berpesan untuk optimalisasi kegiatan deradikalisasi.

"Bapak presiden tadi berpesan kepada saya untuk melakukan optimalisasi kegiatan deradikalisasi terutama kepada saudara-saudara kita yang pernah tersesat, dan terlibat dalam masalah hukum dengan kasus-kasus radikalisme dan terorisme seperti itu," katanya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1188 seconds (0.1#10.140)