Wapres Ungkap Ponpes Al-Zaytun Tidak Dibubarkan, Ini Pertimbangannya

Rabu, 05 Juli 2023 - 14:24 WIB
loading...
Wapres Ungkap Ponpes Al-Zaytun Tidak Dibubarkan, Ini Pertimbangannya
Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin mengungkapkan pemerintah lebih memilih membina ketimbang membubarkan Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Zaytun. Foto/Binti Mufrida
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengungkapkan pemerintah lebih memilih membina ketimbang membubarkan Pondok Pesantren ( Ponpes ) Al-Zaytun. Dia mengakui banyak masukan agar ponpes itu dibubarkan.

“Jadi mungkin beberapa alternatifnya itu tidak dibubarkan, tapi dibina dengan baik,” ujar Wapres disela menghadiri acara di The Energi Building, SCBD, Jakarta Selatan, Rabu (5/7/2023).

Sebab, lembaga pendidikan Al-Zaytun terdiri dari dua kelompok yakni pondok pesantren dan kelompok sekolah yang terdiri dari Ibtidaiyah atau jenjang sekolah dasar. Kemudian tsanawiyah atau jenjang menengah, aliyah atau jenjang atas, dan perguruan tinggi yang akan dibina di bawah pengawasan Kementerian Agama (Kemenag).





“Sehingga mereka tetap pesantren itu bisa berjalan, bisa belajar tapi sesuai dengan akidahnya yang sudah benar maupun juga dalam sistem kita di dalam berbangsa dan bernegara,” jelas Wapres.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan bahwa biang dari polemik Al-Zaytun adalah Panji Gumilang dan kini telah ditangani oleh Polri.

“Saya kita tunggu aja nanti kan saya sudah mempercayakan kepada Menko Polhukam semua yang terkait seperti apa akhirnya itu temuannya seperti apa keputusannya seperti apa dan penyelesaian seperti apa tentang pesantrennya kira-kira seperti itu,” tandasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2379 seconds (0.1#10.140)