Pertama Kali dalam Sejarah, Kenaikan Pangkat 68 Taruna AAL Digelar di Belanda

Senin, 03 Juli 2023 - 06:56 WIB
loading...
Pertama Kali dalam Sejarah, Kenaikan Pangkat 68 Taruna AAL Digelar di Belanda
Pertama kalinya dalam sejarah TNI Angkatan Laut (TNI AL), kenaikan Pangkat (Kenkat) 68 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) dilaksanakan di tengah-tengah event Tall Ship Race 2023 di Port of Den Helder, Belanda. Foto/Dok TNI
A A A
JAKARTA - Pertama kalinya dalam sejarah TNI Angkatan Laut (TNI AL), kenaikan pangkat (Kenkat) 68 Taruna Akademi Angkatan Laut ( AAL ) dilaksanakan di tengah-tengah event Tall Ship Race 2023 di Port of Den Helder, Belanda, bukan di AAL, Bumi Moro, Surabaya. Upacara Kenkat itu digelar pada Sabtu, 1 Juli 2023.

Gubernur AAL Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi bertindak sebagai Inspektur, Mayor Laut (P) Rendra Hariwibowo sebagai Komandan Upacara (Danup), serta dihadiri oleh Waaspers Kasal Brigjen TNI (Mar) Endang Sutaryo, para perwira KRI Bima Suci, maupun pejabat AAL lainnya.

Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi mengatakan, kenaikan pangkat Taruna AAL merupakan suatu hal yang harus disyukuri dan diimplementasikan dengan semangat belajar.

Pertama Kali dalam Sejarah, Kenaikan Pangkat 68 Taruna AAL Digelar di Belanda




"Mengingat kenaikan tingkat dan pangkat ini adalah anugerah dan nikmat dari Tuhan Yang Maha Esa kepada hamba-Nya, oleh karena itu momen ini hendaknya harus disyukuri. Wujud syukur bukan hanya lisan saja," ujarnya melalui keterangan tertulisnya dikutip Senin (3/7/2023).

"Tetapi harus diimplementasikan dan ditampilkan dalam wujud belajar dan berlatih semakin giat dan bersemangat lagi selama menempuh pendidikan di AAL sampai lulus menjadi Letnan Dua nantinya," sambungnya.

Selain itu, Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi mengungkapkan, kenaikan pangkat kali ini jauh lebih istimewa dibanding kenaikan pangkat sebelumnya, karena pada kesempatan ini para taruna berkesempatan melaksanakan upacara di tengah event internasional yang diikuti KRI Bima Suci dalam rangka pelayaran misi diplomasi dan muhibah duta bangsa Kartika Jala Krida (KJK) 2023.

Sebagai informasi, upacara kenaikan tingkat ditandai dengan penyematan tanda pangkat Taruna (Cevron) oleh Gubernur AAL. Sebanyak 68 Taruna AAL Angkatan ke-70 korps pelaut yang terdiri dari 64 pria dan 4 wanita naik tingkat menjadi tingkat III dengan menyandang pangkat Sersan Mayor Dua Taruna.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1714 seconds (0.1#10.140)