HUT ke-77 Bhayangkara, Megawati Kecil Panggil Polisi Pengawalnya Kakak

Sabtu, 01 Juli 2023 - 16:20 WIB
loading...
HUT ke-77 Bhayangkara, Megawati Kecil Panggil Polisi Pengawalnya Kakak
Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri semasa kecil memanggil polisi pengawalnya sebutan kakak. Foto/Antara
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengucapkan Hari Ulang Tahun ( HUT ) ke-77 Bhayangkara. Semasa kecil, Presiden ke-5 RI itu memanggil polisi pengawalnya sebutan kakak.

Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto. Hasto mengaku sering mendapat cerita dari Mega bahwa sejak kecil Ketua Umum PDIP itu didampingi oleh Detasemen Kawal Pribadi (DKP) yang personelnya berasal dari kalangan Polri.

Presiden Soekarno yang juga ayahnya selalu mengajarkan kepada Mega untuk menghormati pengawal presiden dengan sebutan kakak. "Bu Mega selalu diajarkan untuk menghormati seluruh personel pengawal presiden dengan sebutan kakak. Masing-masing memiliki kecakapan khusus dalam olah bela diri, semangat berkorban, serta kemampuan sandi," ujar Hasto dalam keterangannya, Sabtu (1/7/2023).





Untuk itu, kata Hasto, Megawati dan seluruh keluarga besar PDIP juga mendukung Polri di dalam membangun tertib hukum, budaya hukum, dan mengedepankan upaya penegakan hukum, khususnya di bidang-bidang tertentu yang wajib mendapatkan perhatian lebih. Seperti memastikan Indonesia bebas narkoba, pemberantasan korupsi, memberantas kejahatan kerah putih (white collar crime), dan memberantas digital crime.

"Selain itu, kami mendukung Kepolisian RI agar lebih teguh dalam menegakkan keadilan hukum khususnya di dalam memastikan pelayanan kepada masyarakat kecil yang menuntut keadilan," imbuhnya.

Selain itu, Hasto menyampaikan, Megawati dan PDIP juga memberikan apresiasi atas upaya Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan jajaran dengan berbagai program quick win. Yakni, meningkatkan kepercayaan masyarakat melalui media sosial; optimalisasi pelayanan publik; pengembangan SDM unggul; perbaikan Interaksi polisi dan masyarakat di jalan atau area publik; optimalisasi pemolisian masyarakat; meningkatkan sinergitas TNI-Polri; menerapan budaya integritas dan antikorupsi; respons problem akut; dan digitalisasi penegakan hukum lalu lintas.

"Pelaksanaan program ini menjadi sangat penting demi meningkatkan kepercayaan atau trust rakyat terhadap lembaga kenegaraan seperti Polri. Apalagi persatuan bangsa dan negara sangat tergantung pada trust rakyat terhadap institusi negara itu sendiri," terangnya.

Dia mengatakan, diharapkan berbagai program quick win tersebut ketika dijalankan di lapangan, menjadi ingatan-ingatan baik yang tersimpan di memori dan sanubari rakyat Indonesia di seluruh pelosok negeri. "Ibu Ketua Umum Prof.Dr.(HC) Megawati Soekarnoputri bersama seluruh keluarga besar PDI Perjuangan di seluruh Indonesia mengucapkan Dirgahayu Bhayangkara Polri ke-77," kata Hasto.

Hasto mengatakan, peringatan 1 Juli 2023 ini menjadi sebuah momentum bagi Megawati dan PDIP sebagai bagian dari rakyat Indonesia untuk menyampaikan terima kasih atas dedikasi seluruh personel Polri yang bertugas di berbagai penjuru negeri dan melayani masyarakat.

"Menjadi sebuah momentum bagi kami sebagai bagian dari rakyat Indonesia untuk menyampaikan terima kasih kepada seluruh personel Kepolisian RI yang bertugas di seluruh pelosok negeri. Atas dedikasi menjalankan tugas serta pengabdian kepada negara lewat tugasnya sehari-hari dalam melayani masyarakat," pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1104 seconds (0.1#10.140)