Presiden Jokowi Jadi Inspektur Upacara HUT ke-77 Bhayangkara di GBK

Sabtu, 01 Juli 2023 - 12:04 WIB
loading...
Presiden Jokowi Jadi Inspektur Upacara HUT ke-77 Bhayangkara di GBK
Presiden Jokowi saat menghadiri Upacara HUT ke-76 Bhayangkara yang dipusatkan di Kampus Akademi Kepolisian, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (5/7/2022). FOTO/ANTARA/Aji Styawan
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan menjadi Inspektur Upacara Hari Ulang Tahun ( HUT) ke-77 Bhayangkara di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Sabtu (1/7/2023) sore. Sebanyak 1.777 personel dikerahkan untuk mengamankan upacara tersebut.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Nurul Azizah menjelaskan, peringatan HUT ke-77 Bhayangkara mengangkat tema 'Polri Presisi Untuk Negeri Pemilu Damai Menuju Indonesia Maju'. Tema ini memiliki arti bahwa Indonesia mempunyai kekayaan dan keberagaman budaya, suku, dan agama yang menyatu dalam Bhinneka Tunggal Ika yang didukung oleh sinergitas TNI-Polri untuk menjaga dan mempertahankan persatuan dan kesatuan dalam menciptakan Pemilu Damai Menuju Indonesia Maju.

"Upacara pukul 15.20 WIB. Inspektur Upacara adalah Bapak Presiden RI Ir Joko Widodo," kata Nurul Azizah kepada wartawan, Sabtu (1/7/2023).



Dalam perayaan HUT ke-77 Bhayangkara juga digelar Pameran Alat Material Khusus (Almatsus) Polri, Festival Pasar Rakyat hingga terdapat stan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan SKCK keliling.

Sementara itu, Polda Metro Jaya menyiagakan 1.777 personel untuk melakukan pengamanan upacara Hari Ulang Tahun le-77 Bhayangkara di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, Sabtu (1/7/2023) sore. Polda juga menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar GBK untuk mengantisipasi kemacetan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, personel yang diturunkan terdiri dari anggota Polri dari Polda Metro Jaya sebanyak 976 personel dan Polres 628 personel. Kemudian dari unsur pemerintah daerah (pemda) terdiri dari Satpol PP 60 personel, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI 55 personel, pemadam kebakaran 30 personel dan 6 unit mobil, serta dinas kesehatan 28 personel dan 4 unit ambulans.



"Pengamanan kita libatkan 1.777 personel gabungan," kata Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan, Sabtu (1/7/2034).

Di sisi lain, Trunoyudo mengatakan pihaknya juga menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar GBK untuk mengantisipasi kemacetan. Ia mengimbau kepada warga yang melewati GBK bisa mencari jalur alternatif agar terhindar dari kemacetan.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1163 seconds (0.1#10.140)