Menakar Peluang Ridwan Kamil Jadi Cawapres Ganjar Pranowo

Kamis, 29 Juni 2023 - 06:37 WIB
loading...
A A A
Lalu, bagaimana peluang Ridwan Kamil (RK) menjadi cawapres pendamping Ganjar Pranowo?

Pakar komunikasi politik, Karim Suryadi menilai RK bisa mendongkrak elektabilitas Ganjar Pranowo (GP) jika benar-benar dipilih menjadi cawapres. Karim berpandangan, kendati penentuan capres-cawapres sepenuhnya menjadi wewenang Megawati, bukan berarti apa yang dikatakan Hasto tidak bermakna.

"Selain kaya prestasi seperti yang disebut Hasto, ada potensi lain. RK datang dari provinsi penyumbang suara terbanyak dalam pemilu nasional. Secara kebetulan pula GP kurang kuat di sini. Jadi merekrut RK, sebenarnya bisa membulatkan dukungan bagi GP," kata Karim saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Rabu (28/6/2023).

Ia mengakui mantan RK kalah populer dibanding capres, namun paling menonjol di antara tokoh-tokoh yang masuk bursa cawapres. Lebih dari itu, Karim berpandangan RK relatif mudah dipasarkan.

Selain responsif terhadap teknologi, ramah milenial, religius yang moderat, juga tidak memiliki resistensi. "Jadi, RK bisa mendongkrak performance GP, tinggal Bu Megawati terpikat tidak untuk meminang RK," ujarnya.

Akan tetapi, Karim meyakini RK sadar betul posisinya sebagai kader Partai Golkar. Fatsun politik mengharuskannya tunduk pada keputusan partai.

"Tapi hak parpol untuk saling taksir dan tawar. Sebelum janur melengkung, peluang akan tetap terbuka," pungkasnya.
(rca)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1297 seconds (0.1#10.140)