Pengguna Sepeda Naik Seribu Persen, Menaker Ida Sebut Tingkatkan Serapan Tenaga Kerja

Minggu, 26 Juli 2020 - 12:52 WIB
loading...
Pengguna Sepeda Naik Seribu Persen, Menaker Ida Sebut Tingkatkan Serapan Tenaga Kerja
Menaker Ida Fauziyah mengikuti kegiatan Fun Bike To Nation yang digelar MPR bekerja sama dengan Garda Bangsa PKB di Jakarta, Minggu (26/7/2020). Foto/SINDOnews/Abdul Rochim
A A A
JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) I da Fauziyah menyebutkan kebiasaan masyarakat dalam bersepeda di era pandemi Covid-19 akhir-akhir meningkat sangat tajam. Menurutnya, serapan tenaga kerja ikut meningkat.

"Pengguna sepeda naik seribu persen karena pandemi ini," ujar Ida Fauziyah di sela kegiatan Fun Bike To Nation yang digelar MPR bekerja sama dengan Garda Bangsa PKB di Halaman Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Minggu (26/7/2020) pagi.

Ida menyebutkan berdasarkan data dari Asosiasi Pengusaha Sepeda Indonesia, penjualan sepeda di Indonesia jika sebelum pandemi hanya berkisar 5,5 juta, saat ini setelah adanya Covid-19 melonjak menjadi 8 juta. "Padahal ini (2020) belum satu tahun. Akibat dampak lain multiplier effect, penjualan aksesori sepeda meningkat. Pengguna jasa servis sepeda juga. Artinya dengan penjualan yang tinggi, meningkatkan juga serapan tenaga kerja. Banyak sekali tukang servis sepeda yang mendapatkan penghasilan dari meningkatnya pengguna sepeda," tuturnya

Wakil Ketua Umum DPP PKB ini berharap, ke depan kebiasaan bersepeda ini bisa berlanjut menjadi kebiasaan untuk menjaga kesehatan, bukan hanya saat pandemi.( ).

Dalam kesempatan itu, Ida Fauziyah bersama sejumlah elite PKB lainnya juga ikut gowes bareng dari Halaman Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, lalu menyusuri Jalan Jenderal Sudirman, berputar di Bundaran Hotel Indonesia, kemudian kembali ke Senayan.

Selain Ida, ikut pula dalam acara Fun Bike To Nation ini Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar (Gus AMI), Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid, Sekjen Hasanuddin Wahid, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Anggota Komisi IX DPR Arzeti Bilbina, anggota Komisi X Muhammad Khadafi, dan anggota Komisi I Taufiq R Abdullah, anggota Komisi VI yang juga Ketua DKN Garda Bangsa Tommy Kurniawan, dan anggota Komisi III Mohammad Rano al Fath.

Sementara itu, Gus AMI mengaku senang bisa bersepeda dengan penuh riang gembira di tengah pandemi Covid-19. Menurutnya, DKN Garda Bangsa yang menggelar acara tersebut bersama MPR, sangat bersemangat untuk mengampanyekan kegiatan bersepeda. "Kita hari ini bersyukur di tengah pandemi dan tantangan ekonomi yang berat, seluruh rakyat Indonesia tetap semangat berolahraga di seluruh penjuru. Saya tadi jalan dari rumah ke sini (Senayan), saya lihat di setiap sudut jalan, semangat olahraganya luar biasa," katanya.( ).

Menurutnya, semangat berolahraga yang tinggi, baik mereka yang berjalan kaki maupun yang bersepeda, diharapkan bisa memberikan efek kemajuan di bidang ekonomi. "Semua tantangan bisa kita hadapi, semua persoalan bisa kita selesaikan, dan Insya Allah Indonesia tetap akan tumbuh menjadi negara maju di masa yang akan datang. Selamat berolahraga," katanya.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1920 seconds (0.1#10.140)