19 Tanda Jasa Koleksi Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel, Nomor 4 dari Polisi Federal Australia

Jum'at, 23 Juni 2023 - 16:40 WIB
loading...
19 Tanda Jasa Koleksi Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel, Nomor 4 dari Polisi Federal Australia
Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel merupakan perwira tinggi polisi yang kini menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel merupakan perwira tinggi polisi yang kini menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) . Sepanjang kariernya, dia telah banyak mendapat tanda jasa, yang salah satunya didapat dari Australian Federal Police.

Jenderal bintang tiga ini memang sudah terkenal akan rentetan prestasinya. Mulai dari menerima penghargaan Adhi Makayasa sebagai lulusan terbaik Akpol 1988, hingga mendapat kenaikan pangkat luar biasa saat tergabung dalam tim Bareskrim, yang melumpuhkan teroris Dr Azahari dan kelompoknya.

Saat ini sosok Komjen Rycko Amelza Dahniel telah menjadi polisi senior yang tinggal menunggu waktu pensiun. Sepanjang kariernya di Kepolisian RI, pria asal Bogor ini telah mengoleksi 19 tanda jasa yang tersemat di seragam kebesarannya.


19 Tanda Jasa Koleksi Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel

Berikut ini 19 tanda jasa yang dimiliki Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel, yang terdiri dari tiga Bintang, satu dari Australia, dan 15 Satyalancana.

1. Bintang Yudha Dharma Pratama

Tanda jasa ini diberikan pada mereka yang telah mendarmabaktikan diri melebihi dan melampaui panggilan kewajiban dalam pelaksanaan tugas pembinaan dan pengembangan serta menghasilkan karya yang benar-benar dirasakan manfaatnya oleh pemerintah dan NKRI.

2. Bintang Bhayangkara Pratama

Tanda jasa Bintang ini diberikan untuk menghormati jasa seseorang memajukan dan mengembangkan Kepolisian Negara Republik Indonesia.

3. Bintang Bhayangkara Nararya

Bintang Bhayangkara Nararya adalah kelas terakhir dari Bintang Bhayangkara. Susunan ini terdiri dari Bhayangkara Utama, Bhayangkara Pratama, dan Bhayangkara Naraya.

4. Australian Federal Police Partnership Medal

Dilansir dari Lemdiklat Polri, tanda jasa ini diberikan oleh Australian Federal Police sebagai pengakuan atas kepemimpinan dan dedikasi yang luar biasa melalui penguatan hubungan.

5. Satyalancana Pengabdian 32 Tahun

Satyalancana Kesetiaan ini merupakan tanda kehormatan yang diberikan pada prajurit TNI maupun anggota Polri yang telah mengabdi selama beberapa tahun berturut-turut.

Sehingga yang memiliki satyalancana ini berarti telah mengabdikan dirinya selama 32 tahun atau lebih secara berturut-turut.

6. Satyalancana Pengabdian 24 Tahun

Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel mendapatkan Satyalancana Kesetiaan 24 Tahun setelah mengabdikan dirinya sebagai anggota Polri selama lebih dari 24 tahun.

7. Satyalancana Pengabdian 16 Tahun

Menandakan bahwa Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel telah mengabdikan dirinya di Kepolisian RI selama lebih dari 16 tahun.

8. Satyalancana Pengabdian 8 Tahun

Tanda jasa ini diberikan setelah Rycko Amelza Dahniel mengabdi selama 8 tahun di Kepolisian RI.

9. Satyalancana Jana Utama

Merupakan tanda kehormatan yang diberikan pada anggota kepolisian yang aktif berperan dalam menjaga keamanan dalam negeri dan berdampak bagi kemajuan Polri.

10. Satyalancana Ksatria Bhayangkara

Tanda jasa ini diberikan sebagai penghargaan kepada anggota Kepolisian RI yang berjasa dalam melaksanakan tugas Kepolisian baik di bidang operasional maupun pembinaanian dan memenuhi syarat profesionalisme dan etika profesi.

11. Satyalancana Karya Bhakti

Satyalancana Karya Bhakti adalah tanda kehormatan yang diberikan kepada anggota korps Kepolisian Republik Indonesia yang bertindak aktif dalam kejadian-kejadian yang perlu dikenang dalam sejarah Polisi.


12. Satyalancana Bhakti Pendidikan

Diberikannya tanda jasa ini adalah untuk memberikan penghargaan kepada anggota Kepolisian RI, WNI/WNA yang berjasa dalam dunia pendidikan di Lembaga pendidikan Polri sesuai keahliannya.

13. Satyalancana Bhakti Buana

Satyalancana ini diberikan pada anggota Polri yang berjasa dalam melaksanakan tugas Kepolisian internasional di luar negeri dengan menunjukkan disiplin dan tanggung jawab.

14. Satyalancana Bhakti Nusa

Diberikan pada anggota Kepolisian RI yang berjasa dalam melaksanakan tugas Kepolisian di perbatasan dan atau daerah terpencil wilayah NKRI.

15. Satyalancana Dharma Nusa

Tanda jasa ini diberikan pada WNI yang telah berjasa dalam membantu operasi pemulihan keamanan di daerah bergejolak dalam wilayah NKRI.

16. Satyalancana Operasi Kepolisian

Tujuan diberikannya tanda jasa ini adalah untuk memberi penghargaan pada anggota Polri yang berjasa dalam melaksanakan tugas Kepolisian mengungkapkan kasus menonjol yang berdampak luas terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara serta mendapat perhatian dunia internasional.

17. Satyalancana Wira Siaga

Menandakan bahwa Komjen Rycko telah bertugas dan mendarmabaktikan diri untuk pengamanan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia.

18. Satyalancana Kebhaktian Sosial

Satyalancana Kebaktian Sosial merupakan tanda kehormatan yang diberikan pada seseorang yang telah berjasa besar dalam bidang perikemanusiaan dan bidang kesejahteraan sosial.

19. Satyalancana Wira Karya

Diberikan untuk WNI yang telah memberikan darma baktinya yang besar kepada Nusa dan Bangsa hingga dapat dijadikan teladan bagi orang lain.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3399 seconds (0.1#10.140)