Seruan Firli Bahuri Hajar Serangan Fajar Upaya KPK Dukung Pemilu Bersih

Senin, 19 Juni 2023 - 19:11 WIB
loading...
Seruan Firli Bahuri Hajar Serangan Fajar Upaya KPK Dukung Pemilu Bersih
Ketua KPK Firli Bahuri memegang stiker tolak politik uang saat road show bus KPK pada cara Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Bekasi, Jawa Barat, Minggu (18/6/2023). FOTO/ANTARA/Fakhri Hermansyah
A A A
JAKARTA - Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) mengapresiasi Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri yang menyerukan hajar serangan fajar sebagai jargon menolak politik uang pada Pemilu 2024 . Seruan itu merupakan salah satu upaya KPK mendukung pelaksanaan Pemilu yang bersih.

Sekjen KIPP Kaka Suminta mengatakan, seruan Firli Bahuri tersebut penting dan harus menjadi perhatian masyarakat, terutama penyelenggara pemilu sebagai aktor utama. KPK, termasuk lembaga lain di luar penyelenggara pemilu dapat menjadi support system, sehingga pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang dapat berlangsung jurdil, bersih dan berintegritas.

"Tetap perlu mengedepankan penyelanggara pemilu sebagai aktor utama. Sebaiknya lembaga lain di luar penyelenggara pemilu, termasuk KPK hanya sebagai support system, dan tidak mengambil porsi Bawaslu misalnya. Selain juga mandat KPK sendiri tidak spesifik dalam pemilu," kata Kaka Suminta, Senin (19/6/2023).



Untuk diketahui, Firli Bahuri mengingatkan masyarakat agar tidak pernah jual suara dan menggadaikan nasib bangsa Indonesia lima tahun ke depan.

"Sebentar lagi Pemilu 2024, tidak ada jual beli suara. Karena mohon maaf Bapak Ibu sekalian, kita menganut prinsip kedaulatan ada di tangan rakyat, maka jangan pernah menjual suara anda hanya untuk menggadaikan nasib bangsa 5 tahun ke depan. Setuju?" kata Firli Bahuri dalam Roadshow Bus KPK Jelajah Negeri Bangun Budaya Antikorupsi di arena Car Free Day (CFD) Kota Bekasi, Minggu (18/6/2023).

Ia pun menyerukan hajar serangan fajar sebagai jargon menolak politik uang di Pemilu 2024. "Kalau kita paham bahwa suara rakyat adalah suara Tuhan, maka anda tidak akan pernah menjualbelikan suara Tuhan. Karena itu, kita hajar serangan fajar," kata Firli Bahuri.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2113 seconds (0.1#10.140)