Transisi Pandemi Covid-19 ke Endemi, Jokowi: Insya Allah Bulan Ini

Rabu, 14 Juni 2023 - 10:35 WIB
loading...
Transisi Pandemi Covid-19 ke Endemi, Jokowi: Insya Allah Bulan Ini
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa dirinya memutuskan untuk melakukan transisi pandemi Covid-19 ke endemi. Foto/Setneg
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa dirinya memutuskan untuk melakukan transisi pandemi Covid-19 ke endemi. Pengumuman tersebut akan dilakukan pada bulan Juni 2023.

"Insya Allah bulan ini," ujar Jokowi di Kantor BPKP, Jakarta, Rabu (14/6/2023).





Jokowi mengatakan bahwa proses pematangan transisi pandemi menuju endemi akan dilakukan selama seminggu hingga dua minggu ke depan.

"Ya ini dimatangkan lah seminggu dua minggu ini. Segera diumumkan karena memang sudah semuanya sudah," kata Jokowi.

Jokowi menjelaskan bahwa kriteria transisi pandemi ke endemi karena dirinya melihat adanya penurunan kasus dan vaksinasi telah mencapai 450 juta dosis yang disuntikkan.

"Ini nanti yang akan didetailkan jumlah kasus misalnya kayak dua hari yang lalu hanya 217 kemudian kasus aktif 10 ribuan 200-an. Vaksinasi kita juga sudah di atas 452 juta dosis dan lain-lainnya," jelasnya.

Karena hal tersebut, Jokowi pun memutuskan akan melakukan transisi pandemi Covid-19 ke endemi dan akan diumumkan pada bulan ini.



"Sehingga kita kemarin rapat dan sudah kita putuskan untuk masuk ke endemi. Tetapi kapan diumumkan baru dimatangkan dalam seminggu dua minggu," kata Jokowi.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1483 seconds (0.1#10.140)