Canangkan Gerbangdutas 2022, Mahfud MD: Jangan Main-main dengan Batas Wilayah Indonesia

Selasa, 24 Mei 2022 - 11:08 WIB
loading...
Canangkan Gerbangdutas 2022, Mahfud MD: Jangan Main-main dengan Batas Wilayah Indonesia
Menko Polhukam yang juga Ketua Pengarah Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Mahfud MD mencanangkan Gerakan Pembangunan Terpadu Kawasan Perbatasan (Gerbangdutas) 2022 di Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara. Foto/Sucipto
A A A
MELONGUANE - Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mencanangkan Gerakan Pembangunan Terpadu Kawasan Perbatasan ( Gerbangdutas ) 2022 di Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara.

Pencanangan Gerbangdutas 2022 yang mengangkat tema “Pembangunan Perbatasan Negara untuk Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural” ini dalam rangka pemerataan pembangunan dan memperkuat daerah perbatasan.

"Saya selaku Ketua Pengarah Badan Pengelola Perbatasan menyatakan Gerbangdutas 2022 dinyatakan dimulai," ujar Mahfud MD, Selasa (24/5/2022).

Mahfud menjelaskan, program Gerbangdutas merupakan komitmen pemerintah membangun dari pinggiran, salah satunya di daerah perbatasan. Mahfud menyebut, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara memiliki pulau terluar yang berbatasan langsung dengan Filipina yakni, Pulau Miangas.

"Kita ke sini untuk memberikan simbol-simbol atau menegakkan bahwa kita berdaulat. Jangan main-main dengan batas-batas wilayah Indonesia, karena ini merupakan bagian dari kedaulatan kami. Makanya kita membentuk Gerbangdutas," ujarnya.

Menurut Mahfud, Presiden Jokowi selalu merujuk tugas BNPP berdasarkan UU Nomor 43 Tahun 2008 tentang Wilayah Negara. Aturan tersebut mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus meningkatkan dan komitmen membangun perbatasan. "Untuk itu saya mengapresiasi kegiatan ini sebagai wadah untuk menyatukan kita dalam mengelola perbatasan," ucapnya.



Selain Menko Polhukam dan Mendagri, hadir dalam pencanangan Gerbangdutas 2022 antara lain Sekretaris BNPP Restuardy Daud, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, dan Bupati Kepulauan Talaud Elly Engelbert Lasut.
(zik)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1326 seconds (10.177#12.26)