Rayakan Ulang Tahun ke-93, Emil Salim Gagas Satu Bumi untuk Semua Generasi

Sabtu, 10 Juni 2023 - 00:51 WIB
loading...
Rayakan Ulang Tahun ke-93, Emil Salim Gagas Satu Bumi untuk Semua Generasi
Mantan Menteri Lingkungan Hidup Prof Emil Salim meluncurkan buku Satu Bumi untuk Semua Generasi dalam perayaan ulang tahun ke-93 pada 8 Juni 2023. Foto/Dok Emil Salim Institute
A A A
JAKARTA - Rayakan Ulang Tahun ke-93, Emil Salim Gagas Satu Bumi untuk Semua Generasi, Mantan Menteri Lingkungan Hidupini genap berusia 93 tahun pada Kamis 8 Juni 2023. Perayaan ulang tahun ditandai dengan deklarasi Emil Salim Institute dan peluncuran buku berjudul Satu Bumi untuk Semua Generasi.

Acara diawali dengan sambutan Emil Salim yang menyampaikan tentang sustainable oration. Kemudian dilanjutkan dengan deklarasi Emil Salim Institute dan penyampaikan visioning study ESI; launching buku oleh Emil Salim, Ibu Melly Emil Salim, Rektor UI dan ESI; serta pemotongan tumpeng.



Hadir pada acara itu para dewan pakar, profesional dan praktisi, serta perwakilan organisasi kepemudaan dan generasi milenial.

Menurut Emil Salim, buku Satu Bumi untuk Semua Generasi: Membangun Generasi Emas Indonesia 2045 merupakan rangkuman dari gagasan dan pemikiran yang didedikasikan bagi Indonesia 2045.

"Indonesia harus dapat memastikan di usia emas Indonesia Merdeka pada 2045, lingkungan Indonesia masih berkualitas untuk dihuni generasi mendatang meskipun terjadi perubahan iklim," kata Emil Salim dalam keterangan tertulisnya, Jumat (9/6/2023).

Emil Salim mendorong generasi saat ini harus sepenuh hati mewujudkan tekad bergerak mencegah dan beradaptasi dengan perubahan iklim melalui kolaborasi dengan berbagai bidang keahlian dan sektor kegiatan. Karena itu, katanya, dideklarasikan Emil Salim Institute yang dimotori oleh pakar dan generasi milenial sebagai upaya mewujudkan gagasan besar Emil Salim untuk Indonesia Emas 2045.

"Pada tahun 2045 tepat 100 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia bisa kita rayakan dalam keadaan berdiri tegaknya Nusantara Indonesia. Mengapa hal itu ingin kita minta? Karena laporan-laporan yang saya baca semua sepakat bekerja sama mengembangkan pembangunan yang bersifat suistanable berwawasan lingkungan, memberantas kemiskinan, dan melestarikan alam lingkungan," kata Emil Salim.



Presiden Director Emil Salim Institute, E Kurniawan Padma mengatakan, Emil Salim Institute berupaya meneruskan legacy pemikiran Profesor Emil Salim sebagai pegiat lingkungan di Indonesia yang diakui dunia internasional untuk menjaga keberlanjutan Indonesia pada 2045 dan seterusnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2027 seconds (0.1#10.140)