4 Gubernur Lemhannas Bukan dari Militer, Nomor Terakhir Eks Deputi Tim Transisi Pemerintahan Jokowi-JK

Jum'at, 09 Juni 2023 - 17:22 WIB
loading...
4 Gubernur Lemhannas Bukan dari Militer, Nomor Terakhir Eks Deputi Tim Transisi Pemerintahan Jokowi-JK
Terdapat sejumlah nama Gubernur Lemhannas yang diketahui berasal dari kalangan non-militer. Salah satunya Andi Widjajanto. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah nama Gubernur Lemhannas yang diketahui berasal dari kalangan non-militer. Salah satunya adalah Andi Widjajanto yang baru ditunjuk tahun 2022 lalu.

Lemhannas merupakan singkatan dari Lembaga Ketahanan Nasional. Mengutip laman resminya, Lemhannas RI merupakan lembaga pemerintah non-kementerian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden melalui menteri terkait.

Pada tampuk pimpinannya, Lemhannas dipimpin seseorang yang dikenal sebagai Gubernur Lemhannas. Dari sekian banyak tokoh yang menempati jabatan ini, terdapat beberapa di antaranya yang berasal dari kalangan sipil. Siapa sajakah mereka?


Gubernur Lemhannas yang Bukan dari Militer

1. Prof Dr Ermaya Suradinata

Prof. Dr. Ermaya Suradinata merupakan salah seorang tokoh sipil yang pernah menjadi Gubernur Lemhannas. Tak tanggung-tanggung, dia menjadi pejabat sipil pertama yang menempati jabatan ini.

Ermaya menduduki jabatan Gubernur Lemhannas pada periode 2001 hingga 2005. Saat itu, dia menggantikan posisi yang sebelumnya ditempati Letjen TNI Johny J Lumintang.

Selain Gubernur Lemhannas, Ermaya juga pernah menduduki jabatan penting lain. Salah satunya adalah Rektor Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) tahun 2015.

2. Prof Dr Muladi

Sama seperti Ermaya Suradinata, Muladi juga menjadi tokoh sipil yang sempat menjabat Gubernur Lemhannas. Dia menyemat jabatan ini pada periode 2005 hingga 2011.

Lahir di Surakarta, 26 Mei 1943, Muladi dikenal sebagai akademisi dan tokoh nasional di bidang hukum. Dalam riwayatnya, dia juga pernah menempati jabatan penting lain seperti Rektor Universitas Diponegoro hingga Menteri Kehakiman dan Menteri Sekretaris Negara.


3. Prof Dr Ir Budi Susilo Soepandji

Berikutnya ada nama Prof. Dr. Ir. Budi Susilo Soepandji. Adik eks Jaksa Agung Hendarman Soepandji ini menjabat Gubernur Lemhannas pada periode 2011 sampai 2016.

Sebelum ditunjuk menjadi Gubernur Lemhannas, Budi Susilo tercatat sebagai Direktur Jenderal Potensi Pertahanan di Kementerian Pertahanan.

4. Andi Widjajanto

Saat ini, Andi Widjajanto mengemban tugas sebagai Gubernur Lemhannas. Pria kelahiran 3 September 1971 ini diketahui sebagai putra dari Mayjen TNI (Purn) Theo Syafei.

Widjajanto dikenal cukup aktif di lingkungan istana sebelum menjadi Gubernur Lemhannas. Dia mulai muncul ketika menjadi Deputi Tim Transisi pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla dengan tugas mempersiapkan transisi dari presiden sebelumnya.

Selain itu, Widjajanto juga sempat menjadi Sekretaris Kabinet tahun 2014 sebelum digantikan Pramono Anung. Pada 2016, dia pernah menjadi penasihat senior Kepala Staf Kepresidenan.

Itulah sejumlah nama Gubernur Lemhannas yang bukan berasal dari kalangan militer.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0241 seconds (0.1#10.140)