AHY hingga Basuki Hadimuljono, Cawapres Ganjar Ditentukan Setelah Parpol Pengusung Terbentuk

Kamis, 08 Juni 2023 - 09:01 WIB
loading...
AHY hingga Basuki Hadimuljono,...
Calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 akan ditentukan setelah partai politik (parpol) pengusung resmi terbentuk. Foto/Dok SINDOnews/Mushaful Imam
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono ( AHY ) hingga Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono masuk daftar calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo. Calon RI 2 tandem Ganjar di Pilpres 2024 akan ditentukan setelah partai politik (parpol) pengusung resmi terbentuk.

Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ahmad Basarah tak menampik bahwa banyak nama yang muncul sebagai bakal cawapres untuk mendampingi Ganjar Pranowo sebagai capres yang diusung PDIP. Basarah mengatakan, nama-nama tersebut tak bisa dibahas sendiri oleh partainya.

Dia pun merujuk pada pernyataan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat menerima dukungan resmi dari PPP beberapa waktu lalu. Dia menjelaskan, partai-partai politik yang akan mendukung Ganjar masih berproses.





"Mungkin akan bertambah beberapa hari kemudian, barulah setelah partai-partai politik itu definitif, Ibu Mega akan membuka pembicaraan dengan ketua umum-ketua umum tersebut, dan juga tentu meminta pendapat masukan dari Pak Joko Widodo sebagai kapasitas kader PDIP dan Bapak Ganjar Pranowo,” kata Basarah di sela-sela Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III PDIP di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (7/6/2023).

Menurut dia, waktunya masih cukup panjang. Basarah pun membenarkan nama-nama yang beredar seperti Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi pertimbangan pihaknya.

"Saya kira ini satu yang baik. Tapi nama-nama itu muncul dalam suasana kehangatan dan ini membuat kontestasi pilpres itu dinamis," ungkap Basarah.



Namun begitu, Wakil Ketua MPR ini kembali mengingatkan semuanya masih cair, sampai akhirnya PDIP berkumpul dengan para ketua umum parpol pendukung Ganjar. Dia memastikan, bakal cawapres pendamping Ganjar akan dibahas Megawati bersama para ketua umum partai pendukung.

“Tapi sekali lagi nama-nama itu masih sangat cair, dipikirkan, didudukkan lebih jauh oleh Ibu Megawati Soekarnoputri dan nanti akan dibahas ketua umum-ketua umum partai politik lain, Pak Jokowi dan juga Mas Ganjar Pranowo,” pungkasnya.
(rca)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2008 seconds (0.1#10.140)