Dewan Perubahan Iklim Sebut Gus Muhaimin Pengawal Politik Hijau Indonesia

Senin, 05 Juni 2023 - 14:51 WIB
loading...
A A A
Sementara itu, terkait kepemimpinan Gus Muhaimin, menurut Mahawan, selama ini Gus Muhaimin fokus dan konsen terhadap lingkungan baik secara global maupun Indonesia. Bahkan di pertemuan internasional, seperti pertemuan COP di Madrid beberapa waktu lalu, Gus Muhaimin menyerukan isu lingkungan ini sehingga di Indonesia menjadi ramai diperbincangkan padahal sebelumnya isu lingkungan ini biasa-biasa saja.

“Saya juga punya pengalaman personal dengan Pak Muhaimin, seperti pertemuan COP di Madrid. Beliau, bersama saya, sebagai delegasi dari Indonesia untuk perubahan iklim di Madrid. Beliau membuka acara di Paviliun Indonesia, dengan adanya beliau berita mengenai perubahan iklim melonjak di Indonesia. Yang tadinya biasa-biasa saja. Nah, ini peran Pak Muhaimin dengan latar belakangnya, dengan mengarusutamakan perubahan iklim secara politik dan PKB. Itu ternyata berimplikasi terhadap Indonesia,” ungkapnya.

Dengan banyaknya kontribusi dalam mengawal isu lingkungan ini, Gus Muhaimin layak untuk memimpin Indonesia ke depan. Menurutnya, Gus Muhaimin mampu mewujudkan cita-cita Indonesia 2045 menuju Indonesia yang berdaulat, maju, dan berkelanjutan.

“Dengan kepemimpinan beliau, Pak Muhaimin, karena 2045 menuju Indonesia berdaulat, maju dan berkelanjutan, maka pemimpinnya harus demikian. Pak Muhaimin, wawasan lingkungannya luar biasa begitu juga dengan komitmen terhadap lingkungan luar biasa. Jadi saya melihat Pak Muhaimin ini layak untuk menjadi pemimpin nasional. Ia mampu mewujudkan cita-cita Indonesia 2045 itu,” jelasnya.

“Lalu, kepemimpinan beliau dalam tahun politik ini, saya melihat di Indonesia persoalan politik hijau ini masih banyak tantangan. Kadang-kadang menunggu viral dulu baru baru dieksekusi. Termasuk soal pasir laut juga urusan sampah,” sambungnya.

Terakhir, Mahawan juga berharap kepada Gus Muhaimin dan PKB terus mendorong transformasi politik di Indonesia menuju politik hijau. Karena posisi Gus Imin hari ini merupakan sentral dari politik hijau di Indonesia.



“Saya berharap PKB dengan kepemimpinan Pak Muhaimin bisa mendorong suatu transformasi sistem politik di Indonesia. Berada di garis depan transformasi politik dengan mengarusutamakan politik hijau di Indonesia. Tanpa politik hijau, tidak mungkin Indonesia berdaulat, maju, dan berkelanjutan pada tahun 2045. Oleh karena itu, posisi Pak Muhaimin sentral dalam politik hijau di Indonesia,” tutupnya.
(kri)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1876 seconds (0.1#10.140)